Sukses

Ini Dia 10 Manfaat Cokelat Hitam, Salah Satunya Menjaga Kesehatan hingga Perawatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang menjadikan cokelat sebagai camilan. Padahal mengonsumsi terlalu banyak tidak terlalu baik untuk kesehatan. Namun, lain dengan cokelat hitam. Jenis cokelat tersebut mungkin lebih baik dikonsumsi karena memiliki beberapa khasiat.

Berasal dari Pohon Theobroma Cacao, kakao secara alami sangat kuat dan rasanya pedas sekaligus kaya akan flavonol dan nutrisi sehat lainnya. Namun, untuk membuat cokelat yang sesuai selera dan manis menurut Anda, kakao perlu melewati banyak diproses. Bahkan, melalui beberapa tahapan untuk mengurangi rasa pahitnya.

Jadi, penting untuk lebih memahami kakao yang diproses melalui teknik seperti fermentasi, alkalizing, dan pemanggangan, akan menyebabkan semakin banyak flavanol yang hilang. Oleh karena itu, dark chocolate atau cokelat hitam justru memiliki kandungan flavonoid yang lebih tinggi. Jadi, setiap kali ada yang mengatakan cokelat itu sehat, sebenarnya itu berbicara tentang flavonoid dalam cokelat tersebut.

Lantas, apa itu flavonoid?

Dilansir dari Pinkvilla, Kamis (28/7/2022), flavonoid secara alami ditemukan dalam biji kakao, inilah alasan mengapa cokelat terasa seperti cokelat dan sebenarnya sehat. Flavonoid ini sebenarnya adalah antioksidan yang secara aktif bekerja untuk melawan radikal bebas yang merusak sel di dalam tubuh dan memiliki sejumlah manfaat, seperti mengontrol kolesterol menurunkan tekanan darah dan banyak lagi.

Cokelat Hitam Lebih Baik Dikonsumsi

Sebelum Anda mulai makan cokelat secara berlebihan atau mengonsumsi permen batangan karena cokelat itu sehat, penting untuk memahami bahwa tidak semua jenis cokelat sebenarnya baik untuk kesehatan. Meskipun ada beberapa jenis cokelat, tetap saja cokelat hitam adalah yang paling sedikit diproses sehingga membuatnya paling sehat. Dengan kata lain, cokelat hitam memiliki kandungan kakao kaya flavanoid tertinggi yang menjadikannya camilan sehat untuk jantung jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Bukan hanya sebagai camilan, cokelat hitam tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, menghilangkan stres, dan mengurangi risiko diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika tidak sarat dengan gula dan zat adiktif, cokelat hitam sebenarnya baik untuk jantung apalagi diisi dengan antioksidan penangkal penyakit yang membuat suguhan pahit ini baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

 

2 dari 4 halaman

Manfaat Cokelat Hitam

Manfaat cokelat sangat bervariasi sesuai merek dan jenis cokelat. Namun, Departemen Pertanian Amerika Serikat menyatakan bahwa sebatang cokelat hitam yang beratnya sekitar 100 gram dan mengandung sekitar 70-85 persen kakao mengandung:

a. 604 kalori per 100 gram

b. 7,87 gram protein per 100 gram

c. 43,06 gram lemak per 100 gram

d. 46,36 gram karbohidrat per 100 gram

e. 11.00 gram serat makanan per 100 gram

f. 24,23 gram gula per 100 gram

g. 12,02 miligram (mg) zat besi per 100 gram

h. 230.00 miligram magnesium per 100 gram

i. 3,34 miligram seng per 100 gram

Di samping itu, ini dia beberapa manfaat dari cokelat hitam yang baik untuk kesehatan.

1. Membantu pencegahan penyakit kardiovaskular

Meskipun kedengarannya agak sulit dipercaya, penelitian berbasis bukti menunjukkan bahwa konsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang sebenarnya membantu dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Secara global, penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian dan hanya satu gigitan cokelat hitam sehari dapat membantu dalam pencegahan.

Cokelat hitam mengandung flavonoid yang juga ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu. Flavonoid ini membantu dalam mengelola kadar kolesterol dan tekanan darah yang pada gilirannya membantu dalam pencegahan penyakit yang berhubungan dengan jantung atau kardiovaskular.

2. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard membuktikan hubungan antara tekanan darah dan kakao. Disebutkan bahwa dark chocolate yang mengandung sekitar 50-70 persen kandungan justru mampu menurunkan tekanan darah. Dengan kandungan flavonoid yang tinggi, cokelat hitam juga bekerja untuk merangsang endotelium yang merupakan membran halus di dalam jantung dan pembuluh darah yang membantu dalam pengaturan tekanan darah.

3. Melawan kerusakan sel akibat radikal bebas

Cokelat hitam kaya akan flavonoid yang merupakan antioksidan. Dengan kata lain, cokelat hitam kaya akan antioksidan.

Sementara itu, antioksidan memiliki kekuatan untuk melawan radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel atau jaringan akibat radikal bebas. Cokelat hitam kaya akan antioksidan yang juga membantu mencegah dan mengobati penyakit kronis seperti kanker dan alzheimer. Plus, cokelat memiliki sifat anti-inflamasi yang mendukung pencegahan dan pengurangan peradangan pembuluh darah.

 

3 dari 4 halaman

4. Mengobati depresi dan gejalanya

Terlepas dari kenikmatannya, cokelat hitam sebenarnya memiliki kekuatan untuk mengurangi risiko yang terkait dengan Depresi. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 24 gram cokelat setiap hari dapat bekerja sebaik antidepresan. Itu karena cokelat hitam kaya akan flavonoid dan diketahui efektif meningkatkan mood, menyalurkan energi, dan memicu dopamin. Sebuah studi oleh National Health and Nutrition Examination Survey menyatakan, makan cokelat hitam dalam jumlah sedang sehari bahkan dapat mengurangi tanda dan gejala depresi klinis.

5. Membantu pencegahan diabetes

Mungkin terdengar mengejutkan, tetapi cokelat hitam tanpa pemanis sebenarnya berfungsi untuk mencegah diabetes. Cokelat hitam kaya akan polifenol yang penuh dengan sifat antioksidan dan bekerja untuk membangun resistensi insulin yang signifikan. Oleh karena itu, cokelat hitam memiliki kapasitas untuk mengontrol kadar gula darah dan membantu dalam pengelolaan pencegahan diabetes tipe 2. Faktanya, penelitian telah menunjukkan orang yang mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang cenderung tidak menderita diabetes.

6. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Selain melepaskan banyak hormon bahagia, cokelat hitam juga mampu membuat kulit bahagia. Cokelat hitam kaya akan nutrisi dan mineral, seperti vitamin A, B1, C, D, dan E bersama dengan zat besi, kalsium, tembaga, magnesium, mangan, selenium, dan seng. Selain itu, cokelat hitam juga kaya akan antioksidan. Antioksidan bekerja untuk melindungi kulit dari sinar UV sekaligus bisa menenangkan kemerahan atau noda. Plus, ia juga berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan dibanjiri dengan sifat anti-inflamasi yang secara efektif bekerja untuk menyembuhkan iritasi pada kulit.

7. Mampu meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah kehilangan memori

Cokelat hitam yang kaya akan kakao diketahui bermanfaat bagi otak. Penelitian telah menunjukkan cokelat hitam merangsang perasaan senang dan gembira yang pada gilirannya bekerja untuk meningkatkan suasana hati, menghilangkan stres, dan meningkatkan produktivitas. Studi lain membuktikan bahwa makan cokelat hitam memiliki hubungan langsung dengan peningkatan memori, kognisi, dan suasana hati.

Sementara itu, pada faktanya, cokelat hitam dikatakan memiliki efek yang sangat menguntungkan pada sistem pembuluh darah. Mengonsumsi cokelat hitam secara konsisten tetapi moderat sebenarnya dapat meningkatkan aliran darah di tubuh dan otak. Ini menunjukkan cokelat hitam juga memiliki manfaat neuroprotektif yang dapat mencegah penyakit kognitif seperti Alzheimer dan demensia.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Lainnya

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan

Cokelat hitam mengandung flavonol yang dikenal dapat meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Itu karena cokelat hitam kaya akan anti-oksidan yang berarti mereka bekerja untuk melawan radikal bebas dan yang membantu dalam perlindungan dan pencegahan beberapa penyakit umum.

9. Berfungai untuk mempertahankan intensitas latihan dan meningkatkan kinerja atletik

Cokelat hitam mengandung epikatekin yang secara aktif bekerja untuk meningkatkan produksi oksida nitrat dalam darah. Hal itu yang dapat meningkatkan sirkulasi dan benar-benar mengurangi jumlah oksigen yang digunakan atlet. Dengan demikian, meningkatkan stamina dan meningkatkan kinerja. Plus, ini membantu dalam pemeliharaan intensitas latihan untuk jangka waktu yang lama.

10. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda telah mengonsumsi cokelat hitam tanpa pemanis dan paling sedikit diproses, itu benar-benar dapat membantu menurunkan berat badan. Cokelat hitam memberikan asam lemak tak jenuh tunggal ke tubuh kita yang secara efektif bekerja untuk meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori dengan cepat. Bahkan cokelat hitam juga dikenal untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati