Sukses

Tips Mengencangkan Kulit Leher dan Bahan yang Baik Digunakan

Sebelumnya, ada beberapa hal yang mempengaruhi kekencangan kulit leher antara lain kurangnya perawatan, paparan sinar matahari, dan penurunan volume yang dialami bagian tubuh seiring bertambahnya usia.

Liputan6.com, Jakarta Selain wajah, kulit leher pun perlu dirawat agar tetap terlihat kencang. Lantas, bagaimana cara mengencangkan kulit leher?

Sebelumnya, ada beberapa hal yang mempengaruhi kekencangan kulit leher antara lain kurangnya perawatan, paparan sinar matahari, dan penurunan volume yang dialami bagian tubuh seiring bertambahnya usia.

Menurut Ahli Bedah Plastik Wajah DeRosa Center Plastic Surgery & Med Spa di Boston dan Palm Beach Jaimie DeRosa, leher memiliki beberapa kulit tertipis di tubuh seperti pada dada dan kelopak mata. Itulah sebabnya kerutan dan perubahan di area ini terlihat lebih cepat daripada di tempat dengan kulit lebih tebal.

"Kulit leher memiliki kelenjar sebaceous lebih sedikit daripada yang terlihat di wajah, sehingga tidak mendapatkan manfaat minyak alami dari kelenjar untuk melembabkan dirinya sendiri," kata DeRosa seperti dilansir InStyle, Jumat (8/7/2022).

Sama seperti bagian tubuh lainnya, kerutan kulit berkembang seiring bertambahnya usia. Itu berarti bisa kehilangan elastisitas, kolagen, dan menjadi lebih rapuh. "Seiring bertambahnya usia, "kerangka" di mana kulit duduk juga berkurang," jelas DeRosa.

"Kerangka ini termasuk 'bantalan' di bawah kulit, yaitu lemak subkutan, dan tulang itu sendiri - bantalan lemak berkurang dan tulang menipis, membuat kulit terlalu besar untuk kerangka yang lebih kecil, dan dengan demikian menonjolkan melorot,” sambungnya.

Anda pasti ingin menunjukkan area leher TLC sebanyak yang Anda lakukan pada wajah Anda, karena leher dan décolletage memiliki lebih sedikit kelenjar minyak daripada wajah, mereka cenderung mengering, jelas Dokter Kulit di Union Derm di New York City Yunyoung Claire Chan.

Demi mengatasi masalah ini, Chang menyarankan untuk menambahkan produk hidrasi — baik itu serum, pelembap yang lebih kental, atau masker yang menghidrasi — untuk menjaga kulit tampak segar dan montok.

Cara Menghilangkan Garis Leher

"Rekomendasi saya adalah mulai sejak remaja atau dua puluhan, dimulai dengan perawatan kulit sederhana untuk mencegah keriput," tutur DeRosa.

Dia menjelaskan, "Hal termudah untuk dilakukan sejak dini adalah membatasi paparan sinar matahari langsung dan memakai tabir surya spektrum luas (cakupan UVA / UVB) di wajah dan leher (dan dada) setiap hari. Pada usia 30, saya akan memasukkan krim leher yang baik untuk digunakan setidaknya setiap malam jika tidak dua kali sehari, dan kemudian lanjutkan rejimen ini selamanya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Merawat Kulit Leher

Munculnya kerutan di leher tidak dapat sepenuhnya dicegah. Hal itu karena sifat alami dari penuaan. Artinya Anda akan kehilangan lemak subkutan dan massa tulang dan kulit itu sendiri akan mulai memiliki komponen yang kurang teratur dan sehat, seperti kolagen. Namun, pasti ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat perkembangan keriput.

"Salah satu hal terbaik adalah mengurangi penyebab eksternal penuaan kulit—dan penyebab nomor satu adalah sinar UVA dari matahari, karena sinar ultraviolet ini benar-benar menembus lapisan dermal kulit untuk memecah kolagen dan elastin," kata DeRosa.

Mengenakan tabir surya berspektrum luas SPF 30 atau lebih tinggi dari itu di leher setiap hari akan membantu mengurangi efek negatif sinar UVA. Merokok juga termasuk mempercepat proses penuaan pada kulit Anda.

"Saya memberi tahu pasien saya yang merokok bahwa saya sangat menyarankan agar mereka berhenti tidak hanya untuk menjaga kesehatan paru-paru mereka, tetapi juga untuk menjaga kulit mereka terlihat bagus," kata DeRosa.

"Tebak mana yang lebih menarik perhatian mereka? Lalu ada juga 'tech neck' — kerutan yang disebabkan oleh menempelkan smartphone ke telinga dan menekuk leher untuk membantu menahannya."

Menurut para ahli, cara terbaik untuk merawat kulit di leher Anda adalah dengan merawat leher sebagai perpanjangan dari wajah. Memastikan Anda mengoptimalkan kelembapan dan hidrasi pada kulit leher adalah penting, karena kulit kering mengerut sel-sel kulit yang dapat berarti melihat lebih banyak garis halus dan kerutan.

 

3 dari 3 halaman

Penggunaan Produk Wajah di Leher

Terkait pertanyaan boleh atau tidaknya menggunakan produk wajah di leher, jawaban singkatnya, itu mungkin. Semuanya tergantung pada produk wajah yang Anda miliki dan tujuan penggunaannya, kata DeRosa.

"Produk wajah yang dibuat untuk meningkatkan elastisitas dan kolagen pada kulit biasanya boleh digunakan di leher, tetapi berhati-hatilah saat menggunakan produk anti-jerawat dan/atau retinol saat pertama kali memulai, karena Anda akan membutuhkan lebih sedikit produk. produk ini untuk kulit leher yang tipis dibandingkan dengan wajah," jelasnya.

DeRosa menambahkan bahwa saat ini ada begitu banyak produk yang memiliki banyak bahan aktif sehingga mungkin sulit untuk mengetahui secara pasti produk wajah mana yang aman untuk leher. Oleh karena itu, idealnya, ia menyarankan untuk menggunakan perawatan kulit khusus leher. Gunakan produk untuk mengatasi kerutan leher karena diformulasikan secara khusus untuk kulit leher yang lebih tipis untuk menghidrasi dan meningkatkan substrat dermal, termasuk kolagen dan elastin.

Bahan yang Membantu Mengurangi Garis Leher dan Kerutan

Mengenai produk efektif yang dapat membantu mengencangkan kulit leher, DeRosa mengatakan ada beberapa bahan khusus yang harus Anda perhatikan. "Sama seperti pada wajah, bahan perawatan kulit leher yang membantu mengurangi garis leher dan kerutan termasuk retinol, asam hialuronat, dan L-glutamin - yang membantu meningkatkan sintesis kolagen," katanya.

Bahan lain yang bisa Anda gunakan sebagai bagian dari rutinitas termasuk genistein yang meningkatkan kadar kolagen dan meningkatkan elastisitas dan mengurangi glikasi, palmitoyl tripeptida yang mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, ekstrak alga yang membantu mempertahankan kelembapan dan warna kulit, dan ceramide yang meningkatkan retensi air dan mengurangi kekeringan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.