Sukses

Manfaat Yoga Wajah dan Cara Mudah Melakukannya di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Latihan yoga memiliki banyak keuntungan baik bagi kesehatan fisik dan mental. Namun, yoga tidak hanya dilakukan untuk bagian tubuh, seperti kaki atau badan, tapi juga area wajah.

Tanpa bantuan salon atau dokter kulit, yoga wajah telah dikatakan dapat membantu mengencangkan wajah. Yoga wajah berperan terutama pada otot-otot wajah Anda untuk meredakan ketegangan wajah, mengurangi bengkak, dan meningkatkan kesimetrisan wajah. Di samping itu, juga mendukung pembentukan kolagen untuk memberikan kulot cahaya yang sehat.

Yoga wajah lebih dari sekadar menggerakkan otot-otot wajah. Bahkan mungkin Anda sudah melakukannya setiap hari, seperti tersenyum, berbicara, makan, dll. Perbedaannya hanyabterletak pada tujuan di balik latihan yaitu menggunakan gerakan terisolasi untuk secara bertahap memperkuat dan merilekskan otot-otot wajah. otot wajah.

Lantas apa saja manfaat yoga wajah?

Melansir laman Timesnownews, Jumat (1/7/2022), berikut ini manfaat yang didapat ketika Anda rutin yoga wajah.

1. Cahaya dan kesempurnaan

Latihan yoga wajah dianggap dapat mendukung sirkulasi mikro dan meningkatkan oksigenasi sel. Hasilnya, kulit tampak lebih rata, bercahaya, dan seimbang. Di samping itu, wajah pun akan tampak tenang dan menjadi lebih lembut.

2. Kulit glowing dan mencegah kerutan halus

Tingkat kolagen alami menurun seiring bertambahnya usia. Akibatnya, kulit mulai melorot, kehilangan warna, dan kerutan mulai terlihat lebih jelas.

Dalam hal ini, latihan yoga wajah memiliki keuntungan. Tidak hanya merangsang otot, tetapi juga sintesis kolagen dan elastin. Sesi yoga wajah secara teratur juga akan mengencangkan kulit. Jadi, secara signifikan dapat mengurangi kedalaman kerutan dan membantu wajah Anda tampak lebih halus dan tidak terlalu lelah.

3. Menghilangkan stres

Jika sudah terbiasa, Anda pasti akan merasa lebih tenang setelah melakukan latihan yoga wajah. Itu karena efeknya pada sistem saraf dan kemampuan untuk mengendurkan otot-otot wajah, latihan ini bermanfaat tidak hanya bagi tubuh, tapi juga pikiran.

 

 

2 dari 2 halaman

Cara Melakukannya

Berikut ini pilihan yoga wajah yang bisa Anda coba di rumah.

1. Ciuman dan tersenyum

Anda harus tersenyum lebar setelah mendorong bibir Anda sejauh mungkin seperti pose ciuman. Setiap hari lakukan setidaknya 15 repetisi. Latihan ini secara bersamaan dapat mengencangkan dagu dan tulang pipi Anda. 

2. Mengembungkan pipi

Ambil napas dalam-dalam melalui mulut Anda, regangkan dari pipi ke pipi, lalu hembuskan.

Tidak hanya bermanfaat bagi wajah, pikiran pun menjadi tenang dan otot-otot wajah menjadi rileks. Dari semua posisi yoga wajah, yang satu ini adalah yang paling sederhana.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati