Sukses

Apakah Aman Perawatan Kulit dengan Bekicot? Begini Tanggapan Ahli

Bekicot baru-baru ini telah jadi sorotan karena popularitas produk kecantikan Korea. Padahal penggunaannya diyakini sudah ada sejak hampir 2.500 tahun yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta Bekicot atau siput terkenal sebagai hewan yang memiliki lendir. Sekilas memang menjijikan bagi sebagian orang, tapi ternyata bekicot memiliki manfaat untuk perawatan kulit.

Filtrat sekresi siput tampaknya menjadi entri baru yang menjanjikan ke dunia perawatan kulit. Bekicot baru-baru ini telah jadi sorotan karena popularitas produk kecantikan Korea. Padahal penggunaannya diyakini sudah ada sejak hampir 2.500 tahun yang lalu.

“Mucin bekicot banyak digunakan oleh orang Yunani untuk manfaat penyembuhan kulitnya. Itu juga digunakan untuk luka ringan seperti sayatan dan luka di zaman kuno,” kata Dokter Kulit Aakash Healthcare, Dwarka Pooja Chopra seperti melansir Hindustan Times, Senin (27/6/2022).

Faktanya, dokter Yunani terkenal, Hippocrates, dikatakan telah meresepkan kulit siput yang dihancurkan dan susu asam sebagai cara untuk menghilangkan peradangan pada kulit.

Lalu, bagaimana cara siput bisa dijadikan sebagai bahan perawatan kulit?

Lendir Bekicot

Lendir atau filtrat sekresi dikeluarkan dari siput dan digunakan dalam serum, esens, dan pelembab yang diformulasikan oleh beberapa merek.

Berbicara tentang manfaatnya, Chopra mengatakan, “Produk yang mengandung musin siput melembabkan dan membuat kulit montok.

Ini adalah exfoliant yang berguna dan memiliki sifat anti-inflamasi. Ini juga mendorong sintesis kolagen, yang membantu penyembuhan dan regenerasi kulit.”

Sementara itu, salah seorang pembuat konten kecantikan dan perawatan kulit dari Delhi Bhavika Lall mengatakan, ini adalah satu-satunya bahan yang dia gunakan untuk masalah kulit apa pun, terlepas dari waktu dalam setahun. “Jika saya harus memilih satu bahan perawatan kulit selama sisa hidup saya, ini dia,” tuturnya.

Sifat menghidrasi dan penyembuhan lendir siput berasal dari bahan penyusunnya, jelas Konsultan Senior di Rumah Sakit Jaypee, Noida Sakshi Srivastava.

“Ini mengandung asam hialuronat, allantoin, antioksidan, seng, mangan, dan glikosaminoglikan, yang membantu menghidrasi, mengenyalkan, menenangkan kulit dan dalam membangun kolagen,” katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikombinasikan dengan Bahan Lain

Selain bermanfaat sebagai produk mandiri, bekicot juga bisa dikombinasikan dengan bahan aktif lainnya untuk memaksimalkan efek pada kulit.

Salah satu Dematologi Rumah Sakit Medanta, Gurugram Ramanjit Singh mengungkapkan, “Lendir bekicot itu sendiri menjanjikan karena mengandung allantoin, yang membantu dalam penyembuhan, menenangkan dan menghaluskan kulit. Tetapi juga membantu bahan dan antioksidan lain, seperti asam glikolat, vitamin A, E dan C melakukan tugasnya dengan lebih baik. Ketika dikombinasikan dengan retinol, dapat meningkatkan efek anti-penuaan hampir empat kali lipat.”

Manfaat bekicot untuk perawatan kulit salah satunya sudah dibuktikan oleh salah satu pembuat konten kecantikan Kajal Arora.

Dia berbagi pengalamannya bawah menggunakan esensi siput dalam dua cara, yaitu dengan mengoleskannya di wajah yang lembab untuk menyembuhkan penghalang kulit yang rusak dan mengombinasikannya dengan bahan aktif seperti retinol atau exfoliator kimia.

“Itu pasti membuat kulit sensitif saya lebih sehat, montok dan tenang. Ini membantu dengan bekas jerawat saya juga, sampai batas tertentu. Tetapi kesabaran dan konsistensi adalah kuncinya,” kata Arora.

Amankah digunakan?

Dengan stempel persetujuan K-beauty dan testimonial oleh penggemar perawatan kulit, popularitas lendir siput semakin meningkat. Namun, penelitian seputar bahan tersebut, yang diyakini para ahli sebagian besar aman dan tidak berbahaya, agak terbatas.

“Bukti ilmiah saat ini hilang, dan transparansi serta instruksi tentang cara mengumpulkan lendir siput harus tersedia,” kata Chopra.

Selain itu, seperti yang ditunjukkan Singh, bekicot belum disetujui oleh US-FDA. Jadi, jika pemurnian tidak memadai, itu dapat menyebabkan alergi.

Tes tempel di bagian dalam lengan bawah Anda sangat disarankan untuk menghindari reaksi kulit yang tidak diinginkan, meskipun sejauh ini tidak ada efek samping yang terdokumentasi dengan baik dari produk tersebut.

Kesimpulannya, di samping bermanfaatnya bekicot , itu tidak perlu menjadi komponen penting dari rutinitas perawatan kulit seseorang, setidaknya sampai penelitian lebih lanjut dilakukan.

“Itu tidak harus menjadi bagian dari dasar perawatan kulit Anda. Tetapi begitu Anda memiliki pembersih, pelembab, dan tabir surya spektrum luas, diikuti dengan lebih banyak tambahan berbasis bukti seperti retinoid atau vitamin C, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan lendir siput ke dalam rutinitas juga,”kata Srivastava.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.