Sukses

5 Buah Kaya Air Bermanfaat Buat Mencerahkan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Beberapa buah tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga bisa berguna untuk kulit.

Seperti buah-buahan tertentu terlebih yang mengandung banyak air dinilai dapat membuat kulit lebih bercahaya dan sehat. Apa saja buah tersebut?

Saat hari semakin cerah atau panas, ada baiknya jika Anda melengkapi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit agar menjadi lebih sehat dengan buah-buahan.

Akan tetapi, tidak semua jenis buah-buahan bisa dikonsumsi dan membuat kulit lebih sehat. Ada buah-buah tertentu yang lebih dianjurkan.

Untuk mengetahuinya, berikut ini lima jenis buah-buahan yang kaya air sehingga dapat membantu kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya seperti melansir Pinkvilla, Minggu (19/6/2022).

 

2 dari 3 halaman

1. Mangga

Semua milkshake, selai, kue kering, mungkin mengandung buah ini. Akan tetapi, perhatikan kembali apakah ketika mengonsumsi mangga ini menggunakan tambahan gula atau tidak.

Sebab, mangga paling baik dikonsumsi sebagai buah dalam esensi mentahnya atau tidak menggunakan bahan tambahan seperti pemanis.

Sementara itu, mangga yang banyak mengandung flavonoid dan vitamin A, E, C, dan K, ini dapat membantu meredakan peradangan, menghidrasi kulit, meningkatkan kilau kulit, dan memperbaiki tekstur.

2. Jeruk

Vitamin C tidak patut diremehkan. Saat mengonsumsi jeruk yang banyak mengandung air, Anda akan mendapatkan antioksidan terbaik sehingga dapat membantu kulit berpigmen, menua, kering dan kusam.

Selain itu, buah ini juga membantu meningkatkan produksi kolagen, menambah cahaya, memudarkan bintik hitam, mengurangi tanda-tanda penuaan dini, dan memberi nutrisi pada kulit Anda.

3. Semangka

Berkat 92 persen air yang terkandung di dalam semangka, buah ini bisa menyehatkan kulit. Bahkan buah satu ini memiliki segala mineral yang baik dari Vitamin C, A, B1, B6, dan Lycopene.

Karenanya, buah semangka ini juga berperan untuk menjaga kulit salah satunya menjaga garis-garis halus dan kerutan, memperbaiki tekstur kulit Anda dan membuatnya bersinar, yang terakhir melindungi kulit Anda dari kerusakan lebih lanjut.

 

3 dari 3 halaman

4. Alpukat

Dikenal mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, vitamin, serat makanan, lutein, dan zeaxanthin, buah alpukat dapat bermanfaat bagi kulit.

Buah ini menawarkan sifat anti-inflamasi hingga mencegah kerusakan kulit yang disebabkan karena sinar UV dan mengencangkan kulit. Bila tidak percaya, coba tambahkan buah alpukat ke rutinitas perawatan kulit Anda, misalnya bisa dijadikan sebagai masker wajah.

5. Tomat

Semua antioksidan dan vitamin C yang bergabung di dalam tomat dapat membawa cahaya dan membantu Anda menghilangkan komedo. Buah merah ini juga membantu mengurangi ukuran pori-pori, melawan jerawat, menenangkan kulit terbakar sinar matahari, dan mengontrol produksi minyak berlebih.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati