Sukses

Sudah Tahu Belum 5 Buah dan Sayur Ini Kulitnya Aman Dikonsumsi Lho

Liputan6.com, Jakarta Beberapa buah dan sayur punya kulit yang bisa dimakan. Meskipun mungkin rasanya terasa aneh, ternyata kulit tersebut justru mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Sebelum makan buah, seperti mangga, kiwi, atau jeruk, biasanya kulit yang menempel di daging buah dikupas terlebih dahulu. Padahal bila tidak dikupas pun tak masalah. Anda harus tahu bahwa kulit tersebut memiliki sejumlah nutrisi yang aman untuk dikonsumsi.

Selain buah tersebut, ada pula beberapa jenis sayuran yang kulitnya pun bisa dimakan. Apa saja?

Melansir laman timesnownews.com, Rabu (8/6/2022), berikut ini buah dan sayur yang kulitnya aman dikonsumsi.

 

 

2 dari 3 halaman

1. Mangga

Daging buahnya mungkin merupakan bagian terbaik dari manga. Akan tetapi dalam hal nutrisi, kulit mangga juga bermanfaat. Siapa sangka bahwa kulit mangga aman untuk dikonsumsi dan kaya akan vitamin C dan serat.

2. Jeruk

Hampir setiap orang mengonsumsi buah jeruk pasti mengupas kulitnya terlebih dahulu. Akan tetapi, ketahuilah bahwa kulit jeruk ternyata mengandung antioksidan dan dapat dikonsumsi dengan aman.

3. Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C. Tidak hanya daginya, kulit buah kiwi juga bisa dimakan karena kaya akan serat dan vitamin C.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Kentang

Menjadi salah satu sayuran yang paling umum dikonsumsi, kentang dimasak dengan berbagai cara. Namun, satu hal yang pasti biasanya kentang ini perlu dihilangkan kulitnya ketika ingin dimasak. Padahal kulit sayuran ini mengandung serat sehingga sebaiknya tidak dibuang begitu saja.

5. Timun

Terakhir adalah mentimun. Kulitnya kaya akan serat dan vitamin. Jadi, lain kali saat akan mengonsumsi timun, jangan kupas kulitnya karena aman dikonsumsi juga baik untuk kesehatan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati