Sukses

5 Bahan Rumahan yang Bisa Jadi Pembersih Make Up

Liputan6.com, Jakarta Para wanita mungkin sering merias wajah ketika akan berangkat kerja atau pergi ke pesta. Apapun tujuannya, yang terpenting jangan lupa untuk membersihkan wajah kembali. Bisa dengan produk yang dibeli di toko atau bahan rumahan.

Bila Anda tidak membersihkannya, beberapa permasalahan kulit mungkin akan muncul. Kesalahan kecil ini bisa menjadi penyebab masalah kulit dalam jangka panjang. Jadi, menghapus riasan adalah satu langkah penting untuk kulit yang sehat.

Ada banyak sekali produk penghapus riasan yang tersedia di pasaran yang dapat membantu Anda membersihkan wajah tanpa banyak usaha.

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa produk tersebut mengandung bahan kimia yang hampir tidak ada gunanya bagi kulit.

Nah, beberapa bahan alami atas rekomendasi dari seorang Dokter Kulit Selebriti Monica Kapoor mungkin bisa menjadi pilihan untuk membantu Anda menghilangkan riasan.

Melansir Timesnownews, Rabu (27/4/2022), berikut ini bahan-bahan yang disarankan oleh Kapoor.

1. Mentimun yang dihaluskan

Mentimun memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan kulit teriritasi atau berjerawat. Bila Anda ingin mencobanya, coba gunakan blender untuk menghaluskan mentimun hingga berwarna pucat. Kemudian tambahkan sedikit minyak pembawa pilihan dan siap digunakan sebagai pembersih.

2. Soda kue dan madu

Dua kombinasi ini sangat cocok untuk semua jenis riasan. Taruh sedikit madu organik di atas kain bersih dan taburkan sedikit soda kue. Gunakan untuk membersihkan wajah. Kombinasi baking soda dan madu bekerja sebagai pembersih yang sangat baik serta exfoliator.

3. Susu

Susu dikenal karena manfaat kesehatannya dan sebagai bahan yang bagus untuk kulit. Lemak esensial dan protein yang ditemukan dalam susu utuh memungkinkan kulit mempertahankan kelembapan dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Hal ini karena, susu memiliki sifat pemutihan yang kuat dan merupakan bahan alami untuk mencerahkan kulit.

 

2 dari 2 halaman

Bahan Lain

4. Steam

Steam juga merupakan cara alami untuk menghapus riasan. Cara ini menjadi salah satu pembersih paling menenangkan yang mengisi ulang kulit dari dalam.

Gunakan uap dan bersihkan wajah Anda dengan kapas dan bilas. Jika Anda memakai riasan tebal atau tahan air, sebaiknya gunakan salah satu perawatan di atas dan kemudian gunakan uap untuk menghilangkan kotoran yang tersisa. Ini membantu membuka pori-pori untuk menghilangkan kotoran dan kotoran.

5. Minyak kelapa

Bahan terakhir adalah minyak kelapa. Minyak ini memiliki tiga asam lemak esensial dan berat molekul rendah sehingga mampu memberikan penetrasi yang baik.

Minyak kelapa juga terkenal dengan sifat antimikroba, menjadikannya pelembab yang sangat baik untuk seluruh wajah dan tubuh. Jika seseorang cenderung berjerawat, siapkan minyak kelapa untuk menghilangkan riasan mata karena komedonal untuk area yang rawan jerawat.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati