Sukses

Tips Menerapkan Foundation Biar Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta Ternyata cara mengaplikasikan alas bedak, seperti foundation, bias berdampak besar pada tampilan dan daya tahannya. Baik itu alas beda yang mahal atau tidak, itu berpengaruh pada hasil akhir.

Dalam hal ini, seorang Penata Rias Aimee Morrison dari Bobbi Brown dan Joy Adenuga memberikan tips mengaplikasikan foundation dengan benar.

Melansir laman Good Housekeeing, Sabtu (23/4/2022), berikut ini cara mengaplikasikan foundation yang benar sehingga mampu tampil maksimal dan bertahan lama.

1. Persiapkan wajah dengan baik

Aimee mengatakan langkah ini tidak boleh diremehkan."Semuanya ada dalam persiapan, apa yang ada di balik riasan Anda itu penting,” tuturnya.

Sementara Joy pun berpendapat yang sama. "Selalu mulai ketika kulit sudah dibersihkan, selanjutnya adalah hidrasi. Apa yang Anda gunakan sebagai hidrasi akan tergantung pada jenis kulit Anda - Berminyak, Kering, Kombinasi,” jelasnya.

2. Alat untuk menerapkan

Mengenai hal ini, Joy mengatakan, “Alat yang digunakan pasti akan mempengaruhi hasil.”

Dia menyarankan untuk menerapkan alas bedak dan pelembap berwarna dengan jari jika Anda ingin mendapatkan hasil akhir yang ringan. Sementara sikat alas bedak datar paling baik untuk cakupan sedang hingga penuh. Lalu bila menggunakan kuas padat, itu adalah terbaik untuk hasil yang matte

Aimee setuju bahwa jari atau spons basah adalah yang terbaik jika Anda mencari hasil akhir yang berembun dan campuran alami yang lembut. Dia selalu menggunakan sikat alas bedak datar atau sikat stippling untuk produk matte cakupan penuh.

"Oleskan alas bedak dengan kuas untuk meratakan kulit dan kemudian oleskan concealer di area yang membutuhkan cakupan ekstra. Biarkan concealer melakukan sebagian besar pekerjaan untuk Anda, menutupi noda yang tidak diinginkan,” katanya lebih lanjut.

3. Waktu penerapan

Aimee mengatakan terkait hal ini memang bisa sesuka hati Anda. Namun, ada pilihan yang bisa dilakukan demi hasl terbaik.

"Sebagai penata rias profesional, saya suka mengaplikasikan alas bedak terlebih dahulu untuk meratakan warna kemerahan/pigmentasi/warna tidak merata di kulit dan kemudian saya menerapkan concealer di bawah mata atau di sekitar area mana pun yang membutuhkan, seperti hidung, pipi, dan dagu,” jelasnya.

Jika Anda tidak yakin, bisa ikuti saran dari Joy yaitu menerapkan concealer terlebih dahulu sebelum menggunakan foundation bedak dan mengaplikasikan setelah menggunakan foundation cair atau krim.

Di mana bagian mana yang harus diterapkan foundation terlebih dahulu?

Aimee menjelaskan, "Mulailah dari tengah wajah dan ratakan ke arah luar menuju garis rambut Anda untuk hasil akhir yang alami dan tahan lama, lalu lanjutkan dan sapukan kuas ke area wajah yang membutuhkan penutup ekstra.”

Hal ini karena bagian tengah wajah tersebut adalah yang paling membutuhkan coverage sebab cenderung paling cepat memudar.

Terlebih lagi, memulai dari tengah akan membantu menciptakan hasil akhir yang alami.

 

 

2 dari 2 halaman

3. Cara penerapannya

Terkait ini, akan berbeda dari orang ke orang tergantung pada produk dan hasil akhir yang diinginkan.

"Lebih sedikit selalu lebih pasti,” kata Aimee. Oleh sebab itu dia menyarankan menerapkan foundation hanya ke area yang membutuhkan cakupan.

Dia mengatakan mengoleskan di area yang mungkin tidak Anda butuhkan, seperti dahi dan leher, adalah kesalahan umum. Sehingga dia lebih menyarankan untuk menerapkan sedikit alas bedak terlebih dahulu dan mengukur berapa banyak cakupan yang Anda butuhkan.

"Andalkan concealer Anda untuk menyempurnakan, alas bedak harus diterapkan untuk meratakan warna kulit agar tidak menyembunyikannya," tuturnya.

Di sisi lain, Joy lebih suka menggunakan setidaknya cakupan ringan di seluruh wajah. "Bahkan jika saya bekerja dengan kulit yang sempurna, satu aplikasi ringan di seluruh wajah memberikan hasil akhir yang lebih baik,” katanya.

Menerapkan hanya di beberapa area akan jauh lebih mudah dengan hasil akhir yang alami. Jika menggunakan alas bedak matte atau cakupan penuh, Anda mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan hasil yang tampak alami.

4. Bedak yang digunakan

Aimee mengatakan, lebih baik gunakan bedak tabur atau padat setelah memakai foundation. "Dengan cara ini minyak dapat dikontrol melalui t-zone, concealer tidak akan kusut di bawah area mata dan secara keseluruhan riasan Anda akan bertahan sepanjang hari,” jelasnya.

Sementara berapa banyak yang harus diterapkan itu sangat tergantung pada jenis kulit Anda, kata Joy. Entah kulit berminyak, kering, kombinasi atau normal.

"Untuk jenis kulit berminyak, bedak tabur merupakan alas bedak terbaik. Kebanyakan jenis kulit kering tidak membutuhkan banyak bedak kecuali di bawah mata untuk menyetel concealer,” tuturnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati