Sukses

Apakah Mangga Baik Bagi Penderita Diabetes? Ini Kata Ahli

Liputan6.com, Jakarta Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Buah satu ini mengandung gula alami yang dapat berkontribusi pada peningkatan kadar gula darah.

Beberapa orang mungkin menyukai buah mangga. Namun, penderita diabetes mungkin harus selalu berhati-hati ketika mengonsumsi buah-buahan. Sebab, ada beberapa buah yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Mengenai buah satu ini, lantas apakah mangga termasuk ke dalam GI tinggi atau rendah?

Melansir laman Timesnownews, Jumat (22/4/2022), memang ada hubungan antara mangga dengan penderita diabetes.

“Kemampuan setiap makanan untuk meningkatkan kadar gula darah diidentifikasi sebagai respons glikemik. Berdasarkan ini, indeks glikemik memberi peringkat setiap item makanan sesuai dengan pengaruhnya terhadap gula darah pada skala 0-100,” jelas Kepala Departemen Diet di Nanavati Max Super Speciality Ushakiran Sisodia.

Dia menjelaskan, dengan GI sekitar 50, mangga memiliki GI rendah dan umumnya dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Semua varietas mangga seperti pickle atau gravies memiliki GI rendah dan pilihan makanan yang ideal untuk penderita diabetes.

Namun, sangat ideal untuk mengkonsumsi dalam jumlah kecil terlebih dahulu dan meninjau perubahan glikemik

Sementara itu, mengonsumsi mangga yang dipadukan dengan keju atau kacang juga ternyata dapat menyeimbangkan gula.

“Memasangkan mangga dengan keju atau kacang dapat membantu Anda menyeimbangkan respons gula. Smoothie atau olahan mangga dengan dadih dan sayuran hijau juga sehat untuk pasien diabetes. Mangga mentah memiliki GI yang lebih rendah dan dapat dikonsumsi dengan acar atau kuah. Yang terpenting, respons glikemik bisa subjektif dan setiap pasien diabetes mungkin bereaksi berbeda. Jadi sangat ideal untuk berdiskusi dengan ahli gizi Anda sebelum Anda mulai menikmati musim mangga secara maksimal,” tambahnya.

 

2 dari 2 halaman

Kata Ahli Lain

Di sisi lain, seorang Ahli Diet Klinis di Rumah Sakit Manipal HCMCT Deeksha Ahlawat berpendapat bahwa penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi mangga 1/2 cangkir.

Dia menjelaskan, GI mangga adalah 51, yang secara teknis diklasifikasikan sebagai makanan dengan indeks glikemik rendah Mangga mengandung gula alami, yang dapat berkontribusi pada peningkatan kadar gula darah.

Namun, pasokan serat dan antioksidannya dapat membantu meminimalkan dampak gula darah secara keseluruhan.

Satu porsi karbohidrat dari makanan apa pun dianggap sekitar 15 gram. Karena 1/2 cangkir (82,5 gram) irisan mangga menyediakan sekitar 12,5 gram karbohidrat, porsi ini hanya di bawah satu porsi karbohidrat.”

“Jika Anda menderita diabetes, mulailah dengan 1/2 cangkir (30gm gram) untuk melihat bagaimana gula darah Anda merespons. Dari situ, Anda bisa menyesuaikan ukuran porsi dan frekuensinya hingga Anda menemukan jumlah yang paling sesuai untuk Anda,” lanjutnya.

Secara konklusif, dapat dikatakan bahwa mangga yang dikonsumsi sesuai aturan akan aman untuk penderita diabetes.

Jika kadar gula darah Anda berada di sisi yang tinggi, pasangkan dengan buah GI rendah lainnya untuk menjaga kadar glukosa agar tidak melonjak.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati