Sukses

Hoffmen Cleanindo Terus Kembangkan Bisnis demi Buka Lapangan Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan penyedia jasa kebersihan, Hoffmen Cleanindo terus melebarkan sayapnya. Selain alasan bisnis, alasan sosial yaitu menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia menjadi pendorong langkah agresif perusahaan ini dalam 5 tahun terakhir.

Presiden Komisaris sekaligus Founder PT Hoffmen Cleanindo Eddy Japarto mengatakan, hingga saat ini Hoffmen Cleanindo telah menyerap sekitar 2.500 tenaga kerja berbasis kebersihan.

“Dengan penambahan layanan employee service di tahun ini, kami memperkirakan bisa menyerap hingga 1500 tenaga kerja, “ujar dia.

Sejak 2005 pihaknya melihat peluang dari jasa membersihkan gedung sangat besar, apalagi dengan banyaknya gedung perkantoran di Jakarta.

“Tahun 2005, kami survei apa masalah terberat dalam dunia cleaning dan jawabannya merawat lantai marmer dan granite, kami memberikan demo kristalisasi lantai di setiap gedung selama kurun waktu 2 tahun,” kata dia.

Setelah yakin ini akan menjadi selling point perusahaa, kemudian baru pada 2008, Eddy mendirikan Hoffmen Cleanindo dengan menyediakan dua jenis layanan yaitu cleaning service dan hygiene service.

Kemudian Hoffmen mulai merambah ke layanan lainnya yaitu parking management di 2009 dan security service di 2010.

“Dengan penambahan pelayanan baru tersebut, Hoffmen menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa layanan yang terintegrasi (integrated faciltiy services)," jelas dia.

Eddy optimistis layanan integrated faciltiy services akan tetap cemerlang di tahun-tahun mendatang. Pasalnya, layanan ini menjadi stand point nilai jual bagi Gedung baik perkantoran, hotel ataupun pusat perbelanjaan.

“Potensi pasarnya sangat besar, dan kami juga sudah menjadi rekanan banyak developer dan building management, sehingga kami optimistis perusahaan ini akan terus berkembang, “ ujar dia.

 

2 dari 2 halaman

Incar Bisnis Lain

Untuk menjaga kepercayaan konsumen, Eddy selalu memastikan untuk memberikan pelayanan yang paripurna kepada setiap klien.

Selain itu, untuk mesin besar dan chemical semua disiapkan secara khusus sehingga semua material dipastikan dapat dibersihkan.

Hoffmen juga telah mengantongi berbagai sertifikat untuk menjamin kulaitas layanannya, yaitu ISO 9001:2015,14001:2015,45001:2018, K3 dan SMK3.

“Terbukti kami mampu bertahan selama lebih dari 10 tahun di tengah ketatnya persaingan jasa layanan kebersihan,” kata dia.

Ke depan, Eddy berencana untuk memperluas layanan ke manajemen ketenagakerjaan dan penyalur tenaga kerja (Employee service& labor supply).

Layanan ini meliputi pekerja trampil (skill employee) seperti engineering, kelistrikan, driver, dan lainnya, maupun non trampil (non skill employee) seperti resepsionis, buruh packing, telemarketing, spg dan lainnya.

Untuk jasa penyediaan tenaga kerja, saat ini pihaknya lebih menargetkan ke pabrik- pabrik. Namun tidak menutup kemungkinan untuk merambah ke banking atau usaha berbasis daring atau digital.

“Keuntungannya adalah pemilik bisnis sudah tidak usah memikirkan soal kepegawaian , semua nya kami yang handle termasuk dalam status pekerjanya,” jelas dia.

Eddy berharap ke depan, Hoffmen Cleanindo dapat menjadi perusahaan layanan kebersihan yang terpercaya dan membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak bagi masyarakat.

“Jenis usaha ini memang padat karya, sehingga kami berharap semakin banyak tenaga kerja yang terserap dan tersalur lewat perusahaan kami dan dapat membantu pemerintah dalam mengatasi angka pengangguran yang tinggi akibat Pandemi Covid 19,” kata dia.