Sukses

Coba 5 Tips Ini Demi Menenangkan Kulit Iritasi

Berikut ini tips menenangkan kulit yang iritasi terasa seperti terbakar.

Liputan6.com, Jakarta Kulit terasa terbakar bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah terkena sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang cukup lama.

Meski sudah melakukan perawatan, terkadang masih belum pulih seperti sedia kala. Bila hal itu terjadi pada Anda, cobalah lakukan beberapa cara lain, seperti menggunakan produk perawatan kulit alami yang bisa didapatkan di rumah.

Melansir laman Timesnownews, Kamis (31/3/2022), berikut ini tips menenangkan kulit yang terasa seperti terbakar atau iritasi.

1. Susu mentah

Metode termudah dan bebas masalah untuk meredakan segala jenis iritasi kulit adalah dengan mengoleskan susu mentah. Anda bisa mengoleskan susu dingin ke seluruh wajah, leher, dan bagian lain yang terbuka.

Susu mentah ini tidak hanya menenangkan kulit, tetapi juga bertindak sebagai zat aktif untuk menghilangkan warna.

2. Lidah buaya

Selain susu mentah, bahan satu ini mungkin sudah cukup populer. Betul, lidah buaya.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasi kulit yang iritasi. Lebih disarankan untuk mencampurkan gel lidah buaya dengan air mawar. Setelah itu, bekukan selama beberapa jam.

Kemudian gunakan campuran yang membeku itu ke seluruh bagian yang terbuka dan pijat dengan lembut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Dadih

Siapa sangka, dadih juga berguna untuk menenangkan kulit yang iritasi. Caranya, gunakan semangkuk dadih dingin dan tambahkan sejumput kunyit. Gunakan campuran ini dengan mengoleskan ke seluruh kulit.

Selanjutnya, biarkan sampai mongering. Ulangi langkah ini hingga campuran tidak habis. Ini tidak hanya menenangkan kulit Anda, tetapi juga memperbaiki, menghidrasi dan mengurangi tampilan kusam.

4. Pisang

Bahan terakhir ada pisang. Ambil pisang yang terlalu matang. Lalu haluskan dengan tangan atau garpu. Kemudian tambahkan cairan pilihan, seperti susu atau air mawar.

Setelah itu, aduk rata dan oleskan ke seluruh bagian dan biarkan sebentar. Bilas dengan air dingin dan oleskan pelembab gel yang menghidrasi dan jangan menyentuh kulit.

5. Masker timunBila Anda memiliki ruam yang parah, cobalah perawatan ini untuk membantu semua masalah perawatan kulit.

Langkah-langkahnya antara lain:

- Kupas dan blender mentimun

- Setelah tercampur rata, tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh dan blender lagi

- Anda dapat mendinginkan campuran ini dengan memijatnya di area kulit

- Selain itu, Anda juga dapat mendinginkannya dan menggunakannya sebagai masker

Hal yang perlu diperhatikan, sebelum mencoba apa pun, penting untuk melakukan tes tempel pada siku. Hal ini untuk memastikan bahannya cocok atau tidak untuk Anda.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini