Sukses

Ketahui 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi buat Jaga Kelenjar Tiroid

Untuk memastikan kesehatan tiroid yang baik, Anda bisa dengan rajin mengonsumsi makanan yang dapat membantu menjaga kelenjar tiroid tetap sehat.

Liputan6.com, Jakarta Manusia memiliki kelenjar tiroid yang berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Oleh karena itu, kelenjar tiroid tersebut pun harus dijaga dengan baik agar tidak menyebabkan masalah pada kesehatan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang berada di pangkal leher. Seperti yang sudah dikatakan, kelenjar ini memiliki peran penting dalam proses metabolisme tubuh kita.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan tiroid karena kelenjar tersebut bertanggung jawab untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk memastikan kesehatan tiroid yang baik, Anda bisa dengan rajin mengonsumsi makanan yang dapat membantu menjaga kelenjar tiroid tetap sehat.

Menurut salah satu ahli Ayurveda Dixa Bhavsar, berikut ini lima makanan yang berfungsi sangat baik untuk menjaga kesehatan tiroid seperti melansir laman The Indian Express, Kamis (17/2/2022).

1. Amla

Bhavsar mengatakan, "Amla delapan kali lebih banyak mengandung vitamin C daripada jeruk dan sekitar 17 kali lipat dari buah delima."

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa amla tidak hanya bagus untuk kesehatan tiroid, tetapi juga bagi rambut. Amla dapat membantu memperlambat tumbuhnya uban, mencegah ketombe, memperkuat folikel rambut, dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Kelapa

“Kelapa adalah salah satu minuman terbaik untuk penderita tiroid, baik itu kelapa mentah atau minyak kelapa,” jelasnya.

Kelapa dapat meningkatkan metabolisme yang lambat. Sebab, di dalamnya mengandung MCFA (asam lemak rantai menengah) dan MTC (trigliserida rantai menengah) yang berlimpah. Kandungan tersebut berguna untuk membantu meningkatkan metabolisme.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Lainnya

3. Biji labu

Biji labu juga merupakan sumber yang kaya akan zinc. Jangan dianggap remeh, kandungan tersebut sangat penting untuk menyerap vitamin dan mineral lain dalam tubuh. Selain itu, juga mendukung sintesis dan keseimbangan hormon tiroid dalam tubuh.

4. Kacang Brazil

Selenium adalah mikronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme hormon tiroid, jelasnya.

Dia mengatakan, “Kacang Brazil juga merupakan salah satu sumber alami terbaik dari nutrisi ini. Faktanya, tiga kacang Brazil sehari sudah cukup untuk memberi Anda dosis yang sehat dari antioksidan kuat dan mineral tiroid ini.”

5. Kacang hijau

Dia menuturkan, "Kacang mengandung protein, antioksidan, karbohidrat kompleks dan banyak vitamin dan mineral. Mereka juga tinggi serat yang dapat bermanfaat jika Anda menderita sembelit, gejala sampingan umum dari ketidakseimbangan tiroid.”

Salah satunya moong, seperti kebanyakan kacang-kacangan, menyediakan yodium yang baik. Moong paling mudah dicerna di antara semua kacang-kacangan.

Di samping itu, moong juga dapat mengimbangi implikasi dari tingkat metabolisme yang lebih rendah, dibawa pada oleh gangguan tersebut, Bhavsar.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini