Sukses

Tak Ingin Rambut Rusak Setelah Diwarnai? Coba Ikuti Tips Ini ya Ladies

Ciceron akhirnya mengungkapkan tips-tips untuk menghindari kerusakan setelah Anda mewarnai rambut seperti berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Seseorang biasanya akan mewarnai rambut untuk membuat tampilan agar terlihat lebih menarik. Namun sayangnya, beberapa rambut justru rusak setelah itu. Padahal kerusakan rambut tersebut bisa dihindari bila tahu cara merawatnya dengan benar dan tepat.

"Pewarna rambut mengandung bahan kimia keras, seperti amonia dan peroksida yang dapat menghilangkan warna dari batang rambut untuk menyimpan pigmen. Bahan kimia ini secara permanen memecah ikatan tertentu dalam struktur rambut dan menyebabkan rambut menjadi lebih lemah dan lebih rapuh," jelas stylist selebriti Stacey Ciceron seperti melansir laman InStyle, Rabu (9/2/2022).

Seiring hal tersebut, Ciceron akhirnya mengungkapkan tips-tips untuk menghindari kerusakan setelah Anda mewarnai rambut seperti berikut ini.

1. Mencuci rambut dengan hati-hati

Ciceron menyarankan untuk selalu menggunakan sampo dan kondisioner khusus untuk rambut yang berwarna.

"Produk-produk ini diformulasikan dengan bahan-bahan yang membantu mempertahankan warna agar tahan lama," katanya.

Selain itu, dia juga menyarankan untuk menggunakan air dingin saat mencuci rambut. "Keramas dengan air panas bisa membuat rambut kering dan warna cepat pudar. Air panas dapat membuka kutikula, sementara air dingin membantu menyegelnya," tambahnya.

2. Buat rambut tetap lembap

Retensi kelembaban adalah kunci untuk menjaga elastisitas, kelenturan, dan pertumbuhan rambut.

"Lembapkan rambut Anda misalnya dengan lidah buaya," kata Ciceron.

Anda dapat menyemprotkan air yang mengandung lidah buaya tersebut ke rambut. Sebagai informasi, air merupakan agen pelembab dasar dan membantu menghidrasi rambut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Potong secara teratur

Jika ujung rambut bercabang atau mudah rontok, lebih baik Anda memotongnya.

"Menghilangkan ujung yang kering dan pecah dapat membantu mengurangi pemecahan lebih lanjut," kata Ciceron.

Sebab, ujung rambut yang bercabang dapat menjalar ke atas helai rambut sehingga dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan.

4. Perawatan lebih lanjut

Mewarnai rambut dapat menyebabkan rambut alami menjadi kering, rapuh, dan patah. Oleh karena itu, deep conditioning mungkin bisa jadi solusi untuk membantu meningkatkan elastisitas dan kekuatan rambut dengan menghaluskan batang rambut dengan kelembapan yang intens.

Ciceron mengatakan, Anda bisa menggunakan minyak kelapa dan almond. Kedua bahan tersebut dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut sehingga membuatnya lebih halus.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini