Sukses

8 Resolusi Perawatan Kulit yang Patut Dicoba di 2022

Liputan6.com, Jakarta Memasuki tahun 2022, jangan lupa untuk membuat resolusi perawatan kulit terbaru. Coba tetapkan kembali apa saja aturan untuk merawat kulit dengan baik. Bila di tahun lalu belum ada perubahan, Anda bisa mengupayakannya di tahun ini.

Kulit yang sehat dan mulus tidak bisa diciptakan hanya dalam waktu singkat. Terlebih tipe kulit tiap orang itu berbeda-beda, ada yang membutuhkan waktu cukup panjang untuk membuatnya glowing. Oleh sebab itu, Anda perlu memulainya dari sekarang.

Salah satu caranya mungkin Anda bisa membuat resolusi perawatan kulit terbaru. Melansir laman Lifestyle Asia, Selasa (11/1/2022), berikut ini 8 resolusi perawatan kulit yang bisa Anda coba di tahun 2022 menurut dokter kulit.

 

2 dari 3 halaman

1. Waspada terhadap tren kecantikan dan perawatan kulit

Bila melihat melalui akun media sosial Instagram dan melihat para beauty influencer sedang memberikan konten tentang perawatan kulit atau merias wajah, Anda mungkin merasa ingin mengikutinya.

Apalagi ketika sedang mencari produk perawatan kulit, mereka itulah yang menjadi sumbernya. Beberapa produk yang direkomendasikannya pasti ada saja yang Anda coba.

Padahal menurut salah satu dokter dari Isya Aesthetics Kiran Sethi, Anda harus tahu produk yang dibutuhkan oleh kulit.

“Berhentilah mengikuti tren dan lihat apa yang benar-benar dibutuhkan kulit Anda. Apakah kulit Anda terjadi pigmentasi atau jerawat? Fokus pada satu hal dan rutin melakukan perawatan kulit. Adanya tren hanya akan menghasilkan masalah,” jelasnya.

2. Konsistensi adalah kunci

Sama seperti resolusi lain, pasti akan banyak tantangan untuk tetap konsisten melakukannya.

“Hal terpenting merawat kulit adalah Anda harus konsisten. Kulit Anda akan glowing ketika Anda rutin membersihkan wajah, memakai pelembab, dan tabir surya. Anda harus memastikan untuk melakukannya setiap hari,” jelas salah satu dokter kulit sekaligus pendiri Ambrosia Aethetics di Mumbai Niketa Sonavane.

Sementara itu, pendiri DermaZeal Janet Alexander Castelino pun setuju bahwa ketekunan sangat penting untuk mendapatkan kulit yang bagus. Dia menjelaskan, “Memulai rutinitas perawatan kulit dengan bantuan dokter kulit Anda adalah langkah awal yang sangat baik. Akan tetapi, mematuhi aturannya dan rutin menemui dokter kulit secara rutin mungkin tidak mudah.”

Dengan berkonsultasi bersama dokter, Anda bisa menyesuaikan rutinitas perawatan kulit dengan jenis kulit Anda serta di tiap musim yang berbeda.

Misalnya produk perlindungan sinar UV yang cocok digunakan di musim panas hingga pelembap yang tepat di musim dingin.

Di samping itu, Castelino juga mengatakan, “Penting juga untuk diingat bahwa perawatan kulit lebih dari sekadar rejimen. Oleh karena itu, Anda bisa bantu dengan mengonsumsi makanan yang baik. Selain itu, juga makanan yang kaya antioksidan. Anda juga harus olahraga yang teratur supaya bisa mendapatkan kulit yang sehat.”

3. Memperhatikan bahan dalam produk perawatan kulit

“Produk perawatan kecantikan tidak selalu baik digunakan, terkadang ada yang bisa memperburuk kondisi. Belajarlah untuk mengenal berbagai penyebab yang membuat kulit bermasalah. Kemudian pahami produk dan bahan yang dapat diterima oleh kulit dengan membaca daftar bahannya,” jelas Sonavane.

Selain itu, salah satu pendiri di Promed Aethetics Clinik Akansha Singh Gautam mengatakan, memperhatikan produk yang digunakan dalam perawatan kulit itu penting.

“Tidak masalah seberapa mahal produknya, tetapi orang harus memperhatikan bahan apa yang ada di dalamnya dan bagaimana bahan tersebut bereaksi,” tegasnya.

4. Gunakan tabir surya

Berbicara tentang resolusi perawatan kulit untuk tahun 2022, Stuti Khare Shukla menuturkan, “Resolusi saya adalah menerapkan tabir surya setiap hari dan memastikan bahwa saya menerapkannya setiap 2-3 jam jika sedang berada di luar rumah dan di bawah sinar matahari.”

Di sisi lain, penggunaan tabir surya ini masih diremehkan oleh beberapa orang. Padahal memang benar bahwa kulit Anda membutuhkan tabir surya setiap saat.

Terlebih ketika di luar ruangan, kulit akan terpapar sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Karena itulah, menggunakan tabir surya aturan utama yang harus dilakukan oleh semua orang, kata Shukla.

Sementara itu, Gautam pun menegaskan meski di dalam ruangan Anda tetap harus menggunakan tabir surya.

“Sinar UVA dapat menyebabkan penuaan dan kanker kulit, itu dapat menjangkau Anda bahkan ketika sedang berada di dalam ruangan. Selain itu, bukan hanya sinar UV yang perlu dikhawatirkan, tetapi sinar UVB juga bisa merusak kulit. Cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik, seperti ponsel dan laptop, itu dapat berbahaya,” jelasnya.

 

 

 

3 dari 3 halaman

5. Rutin menggunakan produk yang mengandung peptida kolagen

Seiring berjalannya waktu, banyak orang memiliki masalah terkait faktor eksternal. Baik dari paparan polusi, debu, dan masih banyak lagi lainnya. Tanpa sadar, hal itu dapat mempercepat penuaan kulit.

Oleh karena itu, seorang ahli kulit di Olay India Geetika Mittal kemudian membagikan resolusi yang akan dilakukannya di tahun ini.

Dia mengatakan, “Resolusi perawatan kulit saya untuk tahun 2022 adalah memulai lebih awal dan tetap konsisten dengan rejimen perawatan kulit anti-penuaan dan menggabungkan salah satu bahan yang paling efisien yaitu Collagen Peptide.”

Sebab, katanya, kolagen tiap orang cenderung akan menurun kurang lebih 1 persennya setiap tahun. Oleh karena itu, banyaknya produk kolagen yang tersebar di pasaran mungkin akan membantu merangsang produksi kolagen alami di kulit dan tubuh. Itulah yang kemudian dapat meningkatkan penetrasi kulit menjadi lebih baik.

Bila bingung, Anda bisa memilih produk yang menawarkan campuran Kolagen Peptida (Pal-KTTKS) untuk membantu kulit tampak lebih kencang, Vitamin B3, dan Gliserin yang membantu kulit mempertahankan kelembapan sehingga tetap kencang dan terhidrasi, tuturnya.

6. Pelajari tentang trinitas perawatan kulit

“Tabir surya, ceramide, dan retinol merupakan trinitas perawatan kulit,” kata Sonavane.

Ketiga kandungan tersebut memiliki manfaat yang berbeda-beda. Sonavane menjelaskan, "Pembersih dan pelembab yang mengandung ceramide melindungi kulit dari kerusakan. Tabir surya yang menghalangi UVA, UVB, IR dan HEV adalah semua perlindungan yang dibutuhkan kulit Anda. Sementara retinol dapat membantu memperbaiki semua masalah kulit mulai dari jerawat, pigmentasi, hingga kerutan tanpa iritasi sedikit pun.

7. Berolahraga demi memiliki kulit yang sehat

Selain perawatan kulit, orang-orang juga banyak yang membuat resolusi baru dalam berolahraga.

“Kulit yang termasuk organ tubuh juga berhak untuk tetap fit. Nutrisi yang buruk, kurang tidur atau penyakit akan membuat masalah pada kulit,” ujar salah satu konsultan dermatologis di Rumah Sakit Masina Subodh Sirur.

Bagi kulit, olahraga yang rutin dilakukan dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kulit. Oleh karena itu, coba konsultasikan kepada dokter terkait olahraga apa yang cocok untuk Anda lakukan, kata Sirur.

8. Menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi

“Melembabkan kulit sesuai dengan jenis kulit itu sangat penting. Jika Anda memiliki kulit kering maka Anda harus menggunakan pelembab berbasis asam hialuronat dan ceramide. Jika Anda memiliki kulit berminyak maka sebaiknya gunakan yang berbahan dasar asam hialuronat yang tidak akan membuat kulit berminyak,” demikian penjelasan Shukla.

Di samping itu, untuk memiliki kulit yang lembab dan terhidrasi Anda juga memerlukan air yang cukup. Jadi, Anda harus minum setidaknya tiga hingga empat liter air dalam sehari agar kulit Anda terhidrasi dan kenyal, katanya.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati