Sukses

5 Makanan Dapat Membantu Pertumbuhan Tulang Anak, Apa Saja?

Dalam masa pertumbuhan sebaiknya Anda mampu menjaga segala asupan makanan dan minuman dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Tinggi setiap orang berbeda-beda tergantung pada genetika dan gaya hidup masing-masing. Faktor-faktor, seperti nutrisi, kebiasaan, serta olahraga juga dapat memengaruhi tinggi badan seiring bertambahnya usia.

Oleh karena itu, setiap orang perlu memerhatikan beberapa hal itu dengan sebaik mungkin demi mendapat tinggi badan yang ideal.

Seseorang tidak dapat tumbuh menjadi lebih tinggi jika sudah mencapai ketinggian maksimum atau tidak dalam masa pertumbuhan.

Oleh karena itu, dalam masa pertumbuhan sebaiknya Anda mampu menjaga segala asupan makanan dan minuman dengan baik. Hal ini karena demi memperlancar pertumbuhan tulang secara maksimal.

Lebih baiknya bila Anda mengonsumsi dan memenuhi segala nutrisi yang tepat. Di dalamnya termasuk kebutuhan protein, kalsium, lemak sehat, zat besi, vitamin D, magnesium, dan fosfor.

Beberapa bahan itulah yang menjadi kunci untuk perkembangan dan kekuatan tulang selama bertahun-tahun sehingga berkontribusi pada tinggi badan.

Khususnya anak-anak yang masih dalam proses berkembang, mereka perlu mendapat perhatian terkait pertumbuhan tulang.

Selain perlu berolahraga dan menjaga gaya hidup, orang tua pun perlu mengontrol nutrisi yang akan diberikan kepada sang anak.

Melansir laman Timesnownews, Rabu (22/12/2021), berikut ini 5 makanan yang dapat mendukung pertumbuhan tulang pada anak.

1. Almond

Kurang lebih segenggam almond setiap pagi baik dikonsumsi khususnya bagi anak. Sebab, jenis kacang satu ini dianggap mampu menjaga daya ingat, penglihatan, dan bahkan pertumbuhan pada anak-anak.

Selain itu, makanan kaya akan mineral, vitamin, dan lemak sehat ini juga bisa dikonsumsi dengan beragam olahan. Misalnya bisa diolah dengan cara direndam, dikonsumsi bersama susu, dan dijadikan oatmeal.

Menurut beberapa penelitian, almond ternyata juga membrikan perngaruh terhadap tulang. Kacang satu ini dianggap mampu membantu seseorang menjaga kesehatan tulang dengan lebih baik. Di dalamnya terdapat nutrisi utama yang melekat yaitu vitamin E sehingga dapat membantu anak-anak tumbuh tinggi sejak usia muda

2. Telur

Selain almond, telur juga merupakan sumber lemak dan protein yang baik untuk membantu pertumbuhan tulang. Satu telur besar setidaknya mampu memberikan enam gram protein – asam amino yang mendukung pembentukan tulang dan memperkuatnya dari waktu ke waktu. Selain itu, telur juga menawarkan vitamin D yang dapat membantu tulang menyerap kalsium dengan baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Susu dan produk susu

Selain protein, tulang juga membutuhkan kalsium dalam masa pertumbuhannya. Seiring hal itu, salah satu sumber kalsium terbesar yang ada adalah susu dan berbagai produk susu lainnya, seperti yogurt, keju, dan mentega.

Di samping itu, susu juga dapat memenuhi nutrisi lain untuk tubuh, seperti lemak, fosfor, dan magnesium. Yang terpenting, kandungan mineral di dalamnya juga dapat membantu tulang anak tumbuh menjadi lebih tinggi.

Sementara itu, satu gelas susu setara dengan kurang lebih delapan gram protein. Namun, jika anak terlalu banyak mengonsumsi laktosa, lebih baik kurangi atau bahkan jangan mengonsumsi produk susu sama sekali.

4. Sayuran berdaun hijau

Selain makanan yang mengandung protein, sayuran berdaun hijau pun dianggap dapat membantu pertumbuhan tulang pada anak. Namun sayangnya, terdapat anak-anak yang tidak menyukai makanan satu ini.

Makanan berbahan sayuran yang berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, dan sawi di padahal menjadi kunci dalam pertumbuhan tulang untuk menjadi lebih tinggi.

Bahkan makanan seperti brokoli mengandung kalsium tingkat tinggi. Makronutrien di dalamnya dapat mendukung perkembangan, pertumbuhan, dan kekuatan tulang dari waktu ke waktu.

5. Kedelai

Makanan terakhir yang dapat membantu pertumbuhan tulang adalah kedelai. Jenis kacang satu ini merupakan sumber protein yang bisa diolah menjadi sebuah makanan atau minuman.

Baik dalam bentuk susu atau tahu, jenis kacang satu ini bisa menjadi alternatif produk yang dapat membantu anak Anda menjadi lebih tinggi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.