Sukses

Alasan Nonton Film "Tentang Ibu" Garapan Melanie Subono di Vidio

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran film Tentang Ibu menjadi warna baru dalam dunia perfilman Indonesia. Pasalnya, film yang diproduseri oleh Melanie Subono ini memiliki cerita yang unik dan mengandung pesan mendalam.

Selain menjadi produser, Melanie Subono juga merangkap sebagai Executive Producer bersama Agung Rahadian, Pengarang Ide Cerita, sampai membantu Reza Nangin sebagai sutradara. 

Banyak alasan mengapa Anda wajib untuk nonoton film Tentang Ibu. Penasaran apa saja? Simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

 

2 dari 4 halaman

Cerita Sederhana dengan Pesan yang Mendalam

Dalam 1 jam 10 menit, film ini akan menyuguhkan kita dengan cerita perjuangan Faiz (Khiva Iskak), yang pergi berkeliling Indonesia demi mencari ayahnya. Pencarian selama 7 hari itu dilakukannya hanya dengan bermodalkan selembar foto dan kain.

Di balik perjuangan Faiz, ada sosok ibu (Jajang C Noer), sosok yang selalu menemani dan mendukungnya. Faiz sangat mencintai dan sangat ingin membahagiakan sang ibu. Dalam balutan cerita yang begitu menyentuh hati, film ini mengajarkan kita tentang arti penting mencintai Ibu, Bumi, dan Pertiwi.

3 dari 4 halaman

Mengeksplorasi Kearifan Lokal Indonesia

Dikisahkan Faiz berkeliling Indonesia selama 7 hari dengan hanya bermodalkan selembar foto pernikahan orangtuanya dan kain milik ayahnya. Kedua benda tersebutlah yang mengarahkan Faiz menuju ke 5 pulau di Indonesia, yang membawanya bertemu dengan 5 kearifan, 5 lagu, dan 5 tradisi.

Di setiap pulau itu juga ia menemukan satu kesamaan, yaitu kekuatan tokoh perempuan di setiap kota. Perjalanan tersebut juga diiringi 5 lagu daerah ini dimulai di Banjarmasin (Ampar Ampar Pisang), Padang (Kampuang Nan Jauh Di mato), Yogyakarta (Lir Ilir), Sorong (Yamko Rambe Yamko) dan Ambon (Sio Mama). 

Karena alasan inilah, Tentang Ibu bisa disebut film yang lebih dari sekadar film. Selain mengeksplorasi kearifan Indonesia, film ini juga memiliki unsur musik yang sangat kuat dari cerita.

 

4 dari 4 halaman

Diakui di Kancah Internasional

Keindahan cerita Tentang Ibu sukses membawanya memenangi berbagai penghargaan internasional. Selain berhasil diputar di Rusia pada 2 Oktober lalu, film ini juga berhasil memenangi berbagai festival film Indie di dunia, antara lain: 

  • BALI 4th Dimension Independent Film (Best Narrative Feature) dan Independent Awards (Best Trailer & Best Film)
  • Netherland Pure Magic International Film Festival (feature film)
  • Russia Halo International Film Festival (Best Feature Film)
  • India Rameshwaram International Film Festival (Best International Feature Film), dan Singapore World Film Carnival (Narrative Features above 40 min & Debut Film Maker).

Tentang Ibu merupakan film yang sayang untuk dilewatkan. Mulai 1 Desember 2021, nonton film Tentang Ibu dapat melalui platform Vidio.

Penulis: Adhera Wardani