Sukses

Kurangi Rasa Sakit Menstruasi dengan Lima Tips Berikut Ini

Perut keram dan kembung, perubahan suasana hati, rasa sakit yang hebat, hingga masalah pencernaan menjadi permasalahan rutin yang harus dialami perempuan saat menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Perut keram dan kembung, perubahan suasana hati, rasa sakit yang hebat, hingga masalah pencernaan menjadi permasalahan rutin yang harus dialami perempuan saat menstruasi. Tak jarang, permasalahan tersebut juga menghambat pekerjaan yang sedang dilakukan.

Sebagian dari Anda mungkin menjadi tidak produktif selama menstruasi dan hanya sekadar berbaring di tempat tidur. Ternyata, semua permasalahan tersebut dapat diminimalisasi dengan beberapa langkah sederhana.

Melansir dari Times of India, Rabu (8/9/2021), berikut adalah lima tips dari pelatih nutrisi Eshanka Wahi yang dapat dilakukan di rumah untuk mengurangi rasa sakit selama menstruasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tetap Terhidrasi

Minum banyak air agar tetap terhidrasi bisa mengurangi kembung karena menstruasi. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kadar air tinggi, seperti selada, semangka, atau buah beri.

Lebih lanjut, menstruasi yang menyebabkan Anda kehilangan banyak darah membuat tubuh menjadi lemas. Dengan demikian, Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Contohnya adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung.

2. Minum Teh Antiinflamasi

Anda bisa mengonsumsi teh jahe, teh lemon, teh kunyit, teh adas, dan teh peppermint untuk mengurangi nyeri otot selama menstruasi. Selain itu, teh yang bebas dari kandungan kafein ini dapat membantu mengurangi kejang otot dan menenangkan Anda.

3 dari 4 halaman

3. Membuat Cokelat Fudge

Anda dapat mengganti makanan manis yang biasa dikonsumsi dengan membuat cokelat fudge. Caranya dengan mencampurkan kurma, bubuk kakao atau cokelat hitam, dan kacang-kacangan. Lalu, campuran tersebut dibentuk menjadi bulat seperti bola kecil.

Bahan-bahan dalam fudge ini kaya akan antioksidan dan protein. Cokelat yang menjadi makanan favorit saat menstruasi bisa dinikmati dengan bahan lainnya sembari meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

4. Hindari Gula, Alkohol, dan Makanan Olahan

Gula, alkohol, dan makanan olahan bisa menyebabkan lonjakan energi sehingga memperburuk suasana hati. Lalu, ketiga bahan tersebut juga menghambat bakteri baik dalam usus.

4 dari 4 halaman

5. Kurangi Produk Susu

Mengurangi konsumsi terhadap susu, terutama susu sapi dapat mengurangi nyeri menstruasi. Hal tersebut terjadi karena hormon terkandung dalam susu memiliki hubungan langsung dengan keseimbangan hormon tubuh yang menyebabkan nyeri menstruasi.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini