Sukses

Eka Tjipta Foundation dan Kanisius Gelar Vaksinasi untuk Anak dan Dewasa

Vaksinasi berlangsung sejak Senin, 5 Juli 2021, dan nantinya akan kembali digelar pada pekan pertama Agustus.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk hasil cepat dengan capaian tepat, butuh kerja bersama. Niatan itu dijalankan oleh Eka Tjipta Foundation (ETF) yang mendukung program vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh Kanisius.

“Guna menjangkau masyarakat di luar lingkup perusahaan, termasuk anak-anak, kami melihat solidaritas dan kepedulian Alumni Kanisius yang berkesinambungan sudah semestinya mendapat dukungan,” ungkap Wakil Ketua Umum Eka Tjipta Foundation Hong Tjhin dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (13/7/2021).

Atas semangat tersebut, Eka Tjipta Foundation dan Kanisius pun menggelar vaksinasi untuk anak di Jakarta Convention Center. Tak saja terbuka bagi orang dewasa, gelaran vaksinasi Covid-19 ini juga menjangkau para pelajar.

“Karena pembelajaran tatap muka terbatas yang dicanangkan pemerintah mensyaratkan aspek keselamatan siswa dan para pendidik,” tambah dia. 

Gelaran ini berupaya melayani 5.000 orang setiap hari hingga Minggu (18/7/2021), dan diharapkan menjangkau hingga 70.000 orang penduduk DKI Jakarta, termasuk 5.000 anak berusia di atas 12 tahun.

“Nama atau sebutan dapat berganti, namun niatan tetap demi mendukung terbentuknya kekebalan komunitas di Indonesia seperti yang direncanakan Pemerintah. Sebagaimana para pihak yang bekerja sama di sini, meski berasal dari bidang yang jauh berbeda, namun memiliki kesamaan tujuan,” kata Managing Director Sinar Mas Saleh Husin.

Vaksinasi berlangsung sejak Senin, 5 Juli 2021, dan nantinya akan kembali digelar pada pekan pertama Agustus. Saleh berpendapat, aktivitas ini dapat menjadi sosialisasi kepada publik jika vaksinasi bagi anak sangat lah penting, dan aman dilakukan.

Baik Saleh maupun Hong Tjhin senada, mengharapkan vaksinasi – berpadu dengan ketaatan pada protokol kesehatan – bagi anak-anak dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19 yang per akhir Juni, dari 2 juta kasus terkonfirmasi di Indonesia, sebanyak lebih dari 108 ribu kasus di antaranya terjadi pada rentang usia 12-17 tahun.

Lintas pihak yang turut mendukung sentra vaksin di JCC ini adalah PT Combiphar, PT Petrosea, bersama PT Prosehat. Sementara vaksin yang digunakan untuk seluruh rangkaian kegiatan adalah Sinovac.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jurus TNI Capai Target Vaksinasi Covid-19 200 Ribu Orang per Hari

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Prantara Santosa memastikan, pemerintah serius mempercepat vaksinasi Covid-19 sebagai upaya menekan angka penularan virus corona yang melonjak tinggi beberapa waktu belakangan ini.

Menurut dia, Tentara Nasional Indonesia (TNI) turut mendukung upaya percepatan vaksinasi Covid-19 tersebut.

"TNI mendapatkan alokasi vaksinasi sejumlah 200.000 orang per hari. Untuk mencapai target tersebut, vaksinasi dilaksanakan melalui program reguler dengan memanfaatkan fasilitas kesehatan TNI maupun serbuan vaksinasi,” kata Prantara, Selasa (13/7/2021).

Untuk percepatan vaksinasi di wilayah Jabodetabek, Prantara melanjutkan, TNI menambah kekuatan tenaga kesehatan sejumlah 176 personel yang berasal dari siswa Perwira Prajurit Karir yang sedang dalam masa pendidikan di Akademi Militer Magelang.

Upaya TNI lainnya guna menunjang percepatan vaksinasi adalah melalui perekrutan 3.000 relawan tenaga medis dan nonmedis dari berbagai lapisan masyarakat, di antaranya dokter, mahasiswa, pelajar, Karang Taruna, Organisasi Kemasyarakatan, dan lain-lain di wilayah Jabodetabek.

“Program perekrutan ini merupakan perintah langsung Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang menargetkan untuk DKI Jakarta dan sekitarnya, sebelum tanggal 17 Agustus 2021, warga yang divaksinasi sudah harus mencapai di atas 70 persen, untuk warga yang berusia 12 tahun ke atas,” kata Prantara menandasi.

3 dari 3 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.