Sukses

Tips Jaga Kebugaran Tubuh untuk Usia di Atas 50 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kesehatan seseorang akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Akan tetapi hal itu masih bisa dijaga dan diatur agar kondisi tersebut tidak langsung menurun secara drastis.

Dave Philips, salah satu pendiri Titleist Performance Institute dan penasihat kesehatan dan kebugaran memberikan beberapa tipsnya untuk menjaga tubuh agar tetap bugar meski usia sudah menginjak 50 tahun bahkan lebih.

Dikutip dari CNN, Kamis (5/07/2021) berikut ini tipsnya:

Sadarilah apa yang dikonsumsi untuk tubuh

Philips mengatakan, “Ketika kita menua, kita tidak mampu membakar lemak itu dengan mudah.” Seharusnya setiap orang menyadari apa saja yang baik dikonsumsi untuk dirinya sendiri.

Menjadi lebih sadar akan hal itu, bukan berarti seseorang harus menghitung semua kalori dan menghindari makanan favorit sama sekali.

Akan tetapi tentang bagaimana makanan tersebut dapat menjadi energi bagi tubuh, mengonsumsi sebagian makanan yang belum diproses, dan memastikan waktu dan tingkat aktivitas yang diperlukan untuk metabolisme tubuh terkait apa yang dimakan.

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Pertahankan mobilitas dan bangun kekuatan

Menurut Philips, seiring bertambahnya usia seseorang, dia harus bekerja keras untuk mempertahankan mobilitasnya.

Selain itu, juga harus menambah basis kekuatan yang lebih besar lagi. “Ini sangat penting karena seiring bertambahnya usia, terutama usia 50, 60, dan 70-an, kita kehilangan massa otot. Tanpa kekuatan, Anda tidak benar-benar bisa menggunakan mobilitas itu, butuh basis kekuatan di balik gerakan itu,” kata Philips.

Menjaga massa otot itu penting demi menjaga mobilitas yang sehat. Memiliki lebih banyak kekuatan bisa membakar lebih banyak kalori setiap saat, tidak hanya saat berolahraga.

 

3 dari 3 halaman

Olahraga berdasarkan tingkat kebugaran saat ini

Olahraga berdasarkan tingkat kebugaran saat ini

Untuk berlatih atau berolahraga, lakukanlah dengan aman. Artinya, berolahragalah berdasarkan tingkat kebugaran saat ini. Hal ini karena untuk menghindari cedera yang akan menghambat kemajuan Anda.

Sebaiknya Anda menyadari seberapa besar Anda mampu berolahraga dan sampai di mana kemampuan Anda untuk bergerak.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati