Sukses

BCA dan Benihbaik.com Bikin Gerakan Satu Keluarga Satu Pohon di Banyumas

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, PT Bank Sentral Asia Tbk (BCA) bersama dengan Benihbaik.com berkolaborasi untuk mendorong kesejahteraan masyarakat pedesaan. Kali ini kolaborasi yang dilakukan adalah BCA mendonasikan bibit pohon durian bawor kepada warga Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok di Kabupaten Banyumas.

Desa Sokawera di Banyumas termasuk dalam salah satu daerah termiskin di Indonesia, hal ini menggugah BCA untuk membantu seluruh warga dengan memberikan sumber penghasilan yang berkesinambungan, yaitu dengan menanam durian bawor.

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati menjelaskan, BCA melalui corporate social responsibility turut mendukung program Satu Keluarga, Satu Pohon karena program ini sejalan dengan visi dan misi yang dimiliki BCA salah satunya adalah pilar Solusi Bisnis Unggul.

"Pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 merupakan salah satu fokus yang dilakukan BCA untuk membantu pergerakan roda perekonomian. Melalui bibit pohon durian bawor ini, harapannya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan keterampilan masyarakat Desa Sokawera,” urai Inge dalam keterangan tertulis, Jumat (5/2/2021). 

BCA saat ini yang memiliki 22 juta nasabah ini ingin penduduk setempat dapat berdaya dengan dukungan ini. Pohon yang dihasilkan bisa menghasilkan buah yang melimpah sehingga bisa mendukung perekonomian keluarga, mampu mendukung alam lebih lestari, membuat udara lebih segar, dan juga mampu membantu mengurangi dampak perubahan iklim.

Donasi yang diberikan senilai Rp 271 juta melalui crowdfunding yang tepercaya BenihBaik.com untuk dibelikan bibit pohon durian bawor, termasuk biaya perawatan, dan jaminan bahwa bibit ini akan tumbuh dan berbuah.

Durian bawor adalah salah satu jenis durian kawinan dari durian musang king dan durian montong yang sangat tinggi nilai ekonomisnya. Durian bawor bisa tumbuh subur di daerah Banyumas, dan menjadi tanaman produktif andalan di daerah ini. Sesuai dengan nama programnya satu keluarga satu pohon, maka setiap keluarga akan mendapatkan satu bibit pohon yang diperkirakan akan berbuah dalam 3-4 tahun mendatang.

Diperkirakan panen pertama akan menghasilkan sekitar 6 buah durian dan akan terus meningkat pada panen-panen berikutnya, sehingga memberikan penghasilan tambahan kepada tiap keluarga. Hal ini sesuai dengan visi dan misi BCA untuk memberikan kail kepada masyarakat yang dibantu.

 

2 dari 2 halaman

Entaskan Kemiskinan

CEO dan founder BenihBaik.com Andy F Noya mengucapkan terima Kasih kepada BCA yang telah mendukung program “Satu Keluarga Satu Pohon” untuk warga Sokawera di Banyumas. BenihBaik.com juga berharap semakin banyak pohon tanaman produktif yang ditanam akan membuat Banyumas menjadi sentra buah-buahan yang membuat masyarakat makin meningkat penghasilannya.

Durian bawor adalah tanaman yang sudah akrab dengan masyarakat Sokawera, sehingga tidak sulit bagi warga untuk menanam dan memeliharanya.

"Dengan kemauan yang keras dari masyarakat dan bergotong royong saling membantu, bantuan BCA ini akan mampu mengentaskan masyarakat desa Sokawera dari kemiskinan. Semoga apa yang diupayakan BCA menjadi jembatan kebaikan ini terus berkesinambungan dan lestari," pungkas dia. 

BERANI BERUBAH: “Jangkrik Bos” Raup Jutaan Rupiah