Sukses

Bau Mulut Tak Sedap? Begini Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Memiliki nafas yang tidak menyegarkan bahkan tidak sedap terkadang membuat kepercayaan diri berkurang. Karenanya, hal itu harus diatasi untuk meningkatkan kembali rasa percaya diri.

Bau tidak sedap pada mulut mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu yang paling utama mengenai kebersihan mulut. Biasanya seseorang mengatasinya dengan semprotan mint atau penyegar mulut untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut. Namun, terkadang itu hanya bersifat sementara.

Melansir laman magforwomen, Sabtu (6/2/2021), mungkin beberapa cara ini bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap pada mulut Anda jika dilakukan secara rutin.

1. Sikat bersih secara teratur

Setidaknya penting untuk Anda lakukan menyikat gigi dua kali sehari ketika Anda memiliki bau tidak sedap pada mulut.

Selain itu, mungkin Anda juga bisa melakukan flossing. Dengan melakukan hal tersebut, tentu dapat membantu Anda menghilangkan partikel makanan terkecil yang tersangkut di antara gigi.

Partikel terkecil itu biasanya yang menyebabkan bau tidak sedap pada mulut Anda. Selain menyikat dengan teratur, Anda juga harus berkumur dengan obat mulut yang bagus untuk memberikan kesegaran pada mulut Anda.

2. Gunakan soda kue

Ternyata soda kue dianggap dapat membantu menyeimbangkan pH mulut sehingga dapat meminimalkan bau tidak sedap.

Anda bisa menggunakan soda kue dengan cara dijadikan pasta gigi atau mencampurkannya dengan air dan gunakanlah untuk berkumur-kumur.

3. Konsumsi makanan yang mengandung zinc

Zinc kaya akan sifat antimikroba, tentunya dia akan membantu mengurangi bakteri dan kuman terutama yang ada di mulut.

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, zinc yang memiliki sifat anti-inflamasi juga bermanfaat untuk mengatasi bau tidak sedap pada mulut.

4. Minum banyak cairan

Janganlah remehkan air karena dia dapat membantu melawan bakteri yang kerap kali menjadi penyebab bau mulut.

Minumlah air setidaknya 10-12 gelas untuk membantu menetralkan asam dalam tubuh sehingga dapat mengurangi bau tidak sedap pada mulut Anda.

 

2 dari 2 halaman

5. Konsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan antioksidan serta sifat anti-inflamasi. Bahkan sayuran hijau mentah kaya akan vitamin dan mineral.

Dengan banyak mengonsumsi makanan ini, bau mulu Anda dapat teratasi karena dapat mengurangi bakteri dalam mulut.

6. Gunakan peppermint alami

Peppermint alami yang mengandung sifat anti bakteri sangat bermanfaat untuk membantu menyegarkan mulut Anda.

Bahan ini dianggap dapat membantu membunuh bakteri di dalam mulut yang menyebabkan bau tak sedap. Anda bisa menggunakannya untuk dijadikan pasta gigi atau sebagai bahan untuk berkumur.

7. Tahan diri untuk tidak merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat menyebabkan bau mulut Anda menjadi-jadi. Untuk itu, batasilah untuk mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok berlebihan.

8. Diet dengan makan sayur dan buah

Sebaiknya, dietlah dan konsumsi makanan yang sehat, seperti sayur dan buah segar. Selain itu, baiknya Anda memilih makanan yang beralkali daripada berasam.

Batasi pula mengonsumsi makanan yang dapat menimbulkan bau tidak sedap, seperti bawang merah atau bawang putih.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

BERANI BERUBAH: “Jangkrik Bos” Raup Jutaan Rupiah