Sukses

Menyusui Ternyata Dapat Bantu Turunkan Berat Badan Pasca Kehamilan

Liputan6.com, Jakarta Ibu hamil mungkin bertanya-tanya mengapa badan terlihat seperti masih hamil bahkan setelah bayi keluar. Tubuh berubah bentuk, yang mungkin membuat beberapa dari wanita merasa tegang.

Tapi, ingat jangan terburu-buru. Setelah melahirkan, tubuh wanita mengalami banyak perubahan dramatis sebelum mencapai keadaan normalnya.

Sangat umum untuk menahan beberapa kilogram segera setelah melahirkan, tetapi ada cara untuk mengembalikan bentuk tubuh Anda yang berlekuk dengan mengikuti beberapa tips. Melansir dari magforwoman, simak 5 cara menurunkan berat badan setelah hamil.

1. Menyusui mengurangi kalori ekstra

Penelitian telah membuktikan bahwa menyusui dapat membantu Anda mengembalikan lekuk tubuh seperti sebelum kehamilan. Proses menyusui membantu membakar sekitar 400-500 kalori sehari dan membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Ini sangat bergizi untuk bayi dan sangat membantu bagi para ibu baru.

2. Hidrasi

Saat menyusui, Anda akan merasa haus. Bahkan sebaliknya, minumlah banyak air untuk membuat diri tetap segar.

Air juga akan membuat kulit menjadi awet muda dan mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, minum air secara berkala akan membantu menghindari semua kudapan lemak. Hidrasi diri Anda agar tetap bugar dan hindari mengidam kalori ekstra yang dapat membuat kembung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Olah raga pasca kelahiran

Salah satu ide bagus untuk mengurangi berat badan adalah dengan mengikuti kelas senam pasca kelahiran. Kembalikan perut rata itu dengan melakukan beberapa sit-up atau seperti yang direkomendasikan oleh pelatih.

Anda juga dapat meningkatkan stamina dan suasana hati dengan melakukan olahraga sederhana seperti jalan kaki atau jogging.

Latihan kardiovaskular akan meningkatkan detak jantung dan akan membantu membakar lemak bayi Anda dengan cepat. Jika telah menjalani operasi caesar, tanyakan kepada dokter kapan waktu yang tepat untuk memulai latihan tersebut.

4. Makan makanan yang seimbang

Apa yang Anda makan sangat penting setelah melahirkan, karena itu adalah salah satu faktor penentu kenaikan berat badan. Hindari makanan berlemak, pedas, dan berkalori tinggi. Konsumsi sayur dan buah segar. Juga masukkan proporsi vitamin, protein dan mineral yang seimbang dari makanan. Makan daging tanpa lemak, ikan dan produk susu rendah lemak bersama dengan sayuran hijau.

5. Tidur nyenyak untuk menurunkan berat badan

Memang benar bahwa dengan bayi terbangun sepanjang malam, sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak untuk ibu baru. Tapi, kompensasikan dengan istirahat yang cukup di siang hari. Jika Anda tidak istirahat dan kurang tidur selama berhari-hari, akan sulit untuk menurunkan berat badan.

Saat stres, tubuh melepaskan kortisol bersama hormon stres lain yang bisa memicu penambahan berat badan. Jadi, istirahatlah dengan benar agar bisa menurunkan berat badan.

Menjadi kembali bugar bukanlah tugas besar bagi ibu baru, mereka hanya benar-benar bekerja keras untuk mewujudkannya dengan cara yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.