Sukses

Begini Cara Meningkatkan Fungsi Kognitif

Ada cara untuk mengembangkan fungsi kognitif pada otak. Berikut ini beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk melatih fungsi kognitif pada otak.

Liputan6.com, Jakarta Otak merupakan bagian menakjubkan yang mampu mengendalikan seluruh tubuh manusia. Diperkirakan otak setiap manusia terdiri dari sekitar seratus miliar neuron. Neuron tersebut bertanggung jawab untuk membawa informasi dan memroses apa yang akan dilakukan.

Selain itu, otak juga merupakan organ yang multitasking. Dengan otak, Anda bisa menyelesaikan tugas-tugas dan melakukan aktivitas dengan normal. Oleh karena itu, sebagai pemiliki organnya, Anda harus menjaga dan merawat agar tetap sehat dan bekerja dengan baik.

Ada cara untuk mengembangkan fungsi kognitif pada otak. Berikut ini beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk melatih fungsi kognitif pada otak, seperti melansir laman Timesnownews.

1. Belajar bahasa

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dari PubMed Central dengan judul “The Cognitive Benefits of Being Bilingual”, mempelajari bahasa baru dapat membantu Anda meningkatkan fungsi kognitif pada otak.

Dengan Anda mempelajari bahasa-bahasa baru, kegiatan tersebut dinilai dapat berkontribusi besar untuk meningkatkan daya ingat serta mempertahankan keterampilan dan kepribadian. Selain itu, juga membantu kesehatan otak dalam jangka panjang.

2. Meditasi

Cara selanjutnya adalah bermeditasi. Mungkin cara ini sudah dikenal banyak orang karena memang memberikan efek positif. Meditasi telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk memberikan kedamaian serta ketenangan pada tubuh dan pikiran.

Perlu diketahui, memang penting untuk menenangkan pikiran agar kekuatan pemrosesan informasi lebih efektif. Selain itu, meluangkan waktu untuk menenangkan pikiran juga dinilai dapat membantu seseorang untuk menghilangkan rasa stres dan kecemasan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mendengarkan musik

 

Jika Anda memiliki hobi mendengarkan musik itu bagus. Ternyata dengan mendengarkan musik, juga dapat membantu meningkatkan kreativitas otak.

Selain itu, dengan mendengarkan musik juga dapat berfungsi sebagai pendorong suasana hati. Oleh sebab itu, Anda bisa mengatasi rasa stres dan kecemasan.

4. Mempelajari instrumen

Selain mendengarkan musik, mempelajari instrumen pun ternyata bisa mengasah keterampilan motorik sehingga bermanfaat untuk fungsi kognitif otak.

Anda bisa coba memainkan sebuah instrumen atau membuat instrumen baru untuk melatih kognitif. Selain itu, juga bisa membuat kepribadian menjadi lebih baik.

5. Tidur

Tidak cukup tidur akan menyebabkan gangguan fungsi kognitif. Oleh karena itu, tidurlah yang cukup agar fungsi kognitif Anda tidak terganggu.

Dengan tidur, Anda bisa memberi waktu istirahat untuk tubuh dan otak. Pastikanlah untuk tidur minimal tujuh jam setiap harinya.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini