Sukses

Cegah Kanker dengan Melakukan 7 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Sering ada pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Salah satu penyakit yang cukup serius, seperti kanker, tentu harus dihindari.

Itu lebih baik dibandingkan harus mengobatinya. Terlebih jika terdapat risiko kanker akibat gen, maka Anda perlu melakukan beberapa cara untuk menurunkan risiko tersebut.

Beberapa cara mungkin terlihat tidak mudah untuk menurunkan risiko penyakit kanker. Namun, beberapa cara ini dinilai dapat membantu mencegah penyakit kanker, seperti melansir laman Magforwomen, Sabtu (9/1/2021).

1. Konsumsi makanan yang sehat

Tidak perlu ditanya. Walau bukan berisiko terkena kanker, Anda harus selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Setidaknya dengan mengonsumsi makanan sehat tersebut, Anda dapat mengurangi risiko penyakit kanker hingga sekitar 40 persen.

Konsumsilah makanan yang sehat setiap hari. Sertakan pula sayur-sayuran hijau dalam menu makanan Anda. Selain itu, Anda pun bisa mengonsumsi setidaknya 2-3 porsi buah untuk diet.

Hindarilah mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji yang tinggi kalori. Konsumsi makanan secukupnya agar tetap sehat dan bugar.

2. Minum banyak cairan

Salah satu cara ini sangat mudah dilakukan untuk mengurangi risiko kanker yakni dengan banyak minum air. Ternyata air sebenarnya dapat membantu mencegah risiko kanker kandung kemih. Air membantu membuang agen penyebab kanker dalam urin.

Hal itulah yang membantu menjaga kandung kemih tetap bersih. Oleh karena itu, minumlah sekitar dua liter air setiap hari. Selain itu, masukkan pula jus segar ke dalam daftar menu makanan Anda sehari-hari. Jus sayuran sangat direkomendasikan karena dapat mencegah risiko kanker.

3. Olahraga secara teratur

Dengan berolahraga secara teratur, Anda pun dapat mengurangi risiko kanker hingga 20 persen. Sesekali Anda bisa pergi ke gym jika memiliki waktu luang.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai jenis latihan setidaknya tiga kali dalam seminggu. Bahkan berjalan kaki sekitar 20 menit setiap hari pun dinilai dapat menurunkan risiko kanker. Selain itu, berolahraga pun dapat membantu menjaga berat badan Anda agar tetap ideal.

 

2 dari 2 halaman

4. Mengonsumsi kafein

Jika Anda termasuk pecinta kopi, justru Anda mampu menurunkan risiko penyakit kanker otak hingga 40 persen.

Menurut beberapa survei, kafein mengandung agen yang membantu melawan sel-sel penyebab kanker di dalam tubuh. Survei tersebut menunjukkan bahwa 4-5 cangkir kopi bagus untuk mencegah risiko kanker. Itulah salah satu sisi positif dari kafein.

5. Jauhkan diri dari ponsel

Tidak ada hubungan yang kuat bahwa sinar ponsel dapat menyebabkan kanker otak. Namun banyak penelitian membuktikan bahwa ada hubungan antara radiasi ponsel dengan kanker otak.

Oleh karena itu, lebih baik jauhkan diri dari ponsel Anda terutama saat tidur. Lakukanlah hal tersebut sebelum datang penyesalan. Gunakanlah ponsel seperluna untuk pencegahan risiko kanker akibat radiasi ponsel.

6. Meningkatkan asupan vitamin D dan kalsium

Perhatikanlah makanan sehat yang Anda konsumsi sehari-hari. Usahakan untuk memperbanyak asupan vitamin D dan juga kalsium yang dibutuhkan dalam tubuh. kandungan tersebut sangat diperlukan untuk tubuh untuk mengurangi risiko kanker tulang.

Oleh karena itu, sertakan makanan atau minuman yang mengandung vitamin D dan kalsium. Anda pun diperbolehkan untuk mengonsumsi suplemen kalsium sekali atau dua kali dalam seminggu sebagai asupan kalsium untuk tubuh. Hal seperti itu dinilai mampu menurunkan risiko penyakit kanker di tubuh Anda.

7. Jangan mengabaikan rasa sakit

Jika tubuh Anda terasa sakit, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Jangan mengabaikan rasa sakit yang ada karena dapat menimbulkan masalah nantinya.

Terlebih jika Anda mengalami nyeri di daerah panggul, payudara, atau kepala, maka kunjungilah dokter untuk melakukan pemeriksaan. Selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang ada karena bisa jadi itu merupakan tanda kanker muncul. Untuk menghindarinya Anda harus tetap menjaga kesehatan dan kebugaran dengan cara yang efektif.

 

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer