Sukses

Kulit Kaki Pecah-Pecah? Ini Dia Cara Mengatasinya

Dr. Simal Soin berbagi tipsnya untuk mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah karena kering. Mengutip laman Times of India, ada empat cara yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Saat musim dingin tiba seringkali kulit justru terasa lebih kering dari biasanya. Terlebih pada kulit kaki Anda khususnya di telapak kaki. Telapak kaki yang kering itu akan menimbulkan tumit pecah-pecah jika tidak dirawat dengan baik.

Bagi kebanyakan wanita, tumit yang pecah-pecah itu sungguh mengganggu tampilannya. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan bagaimana cara merawatnya agar hal tersebut tidak terjadi dan Anda bisa tampil sempurna.

Bagaimana cara merawat kelembapan kulit kaki Anda agar tetap lembut, kenyal, dan halus? Menurut Dr. Simal Soin yang merupakan founder AAYNA Clinic, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit Anda tetap lembap walau sedang masa di musim dingin, seperti mengutip laman Times of India, Kamis (18/3/2021).

1. Merendam kaki dengan air hangat

Untuk menjaga kulit telapak kaki agar tetap lembap khususnya di musim dingin, Anda bisa merendam kaki Anda dengan air hangat.

Anda bisa mencampurkannya dengan sedikit garam dan lemon. Rendamlah kaki Anda selama kurang lebih 10 menit. Lakukanlah hal tersebut setidaknya sebanyak 2 kali dalam seminggu. Setelah merendam kaki Anda, gosoklah kulit kering dengan lembut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Gunakan krim kaki

Oleskanlah krim pada bagian kaki Anda yang kering setelah Anda melakukan scrubbing kaki. Jika Anda merasa kulit kaki sangat kering, Anda perlu krim khusus untuk dioleskan.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, Anda juga bisa mengoleskan krim kaki tersebut setiap malamnya sebelum tidur.

3. Pijat kaki

Relaksasi dengan pijat juga memang bagus untuk telapak kaki yang kering dan pecah-pecah, bukan hanya untuk tubuh.

Dengan pijat tersebut, dinilai bisa menghilangkan segala rasa lelah pada kaki Anda. Dengan menggunakan minyak kelapa, minyak almond, atau minyak wijen, nantinya akan melancarkan sirkulasi di kaki Anda.

Tidak hanya itu, dengan bahan tersebut juga bisa membantu mempertahankan kelembapan kaki Anda.

4. Gunakan kaus kaki saat tidur

Terakhir, Anda juga bisa tetap menggunakan kaus kaki pada saat Anda tidur. Namun, sebelumnya Anda bisa gunakan petroleum jelly yang dapat memberikan efek baik pada tumit Anda yang pecah-pecah.

Selain itu, bersihkan dahulu kaki Anda sebelum menggunakan kaus kaki. Dengan begitu, akan membantu mempertahankan kelembapan kulit Anda selama Anda tertidur.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.