Sukses

5 Jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Banyak jenis teh yang ada, namun 5 jenis teh ini dinilai mampu memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Hari Teh Internasional dirayakan setiap 15 Desember. Hal itu diperingati untuk menyoroti upaya orang-orang yang terlibat langsung dalam produksi minuman satu ini (teh).

Saat ini teh dinilai merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi dan tersebar luas di seluruh dunia.

Menanam tumbuhan yang bisa dijadikan minuman ini membutuhkan perawatan dan upaya yang intensif. Di negara seperti India, orang yang bekerja di perkebunan teh sering mengalami kesulitan. Selain itu, insentif para pekerja pun tidak memuaskan.

Melihat sisi lain di negara China, saat ini negara tersebut merupakan pengekspor teh terbesar. Dikatakan bahwa teh juga berasal dari suatu daerah yang ada di China.

Teh dinilai memiliki kemampuan untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Bergantung pada bahan yang digunakan dan metode persiapannya, ada beberapa jenis pilihan teh yang dapat Anda konsumsi. Berkat manfaatnya yang bisa menyehatkan, teh dinilai berpotensi menjadi minuman musim dingin yang paling disukai.

Mengutip laman timesnownews.com, Jumat (18/12/2020), setidaknya ada 5 jenis teh yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya.

 1. Teh hijau

Salah satu teh yang paling populer di kalangan banyak orang adalah teh hijau. Teh hijau kaya akan antioksidan. Selain itu, juga dinilai mampu memberikan manfaat untuk jantung, paru-paru, payudara, kulit, dan perut.

Dengan mengonsumsi teh hijau juga dapat pula bermanfaat untuk pencernaan, sirkulasi, dan kesehatan jantung. Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah teh hijau ternyata mampu memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan.

2. Teh chamomile

Teh satu ini semakin terkenal dari waktu ke waktu. Jenis teh ini menggunakan chamomile sebagai bahan utamanya.

Ramuan chamomile dinilai berkhasiat untuk penyembuhan. Khasiat lainnya adalah dengan mengonsumsi teh jenis ini dapat meredakan rasa stres dan dapat membantu secara enkstensif dalam memerangi masalah insomnia dan tidur.Selain itu, teh chamomile juga bisa berfungsi sebagai penguat mood yang Anda rasakan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Teh lemon

Seperti namanya, teh satu ini menggunakan lemon sebagai bahan utamanya. Lemon sendiri merupakan salah satu varietas yang paling umum tersedia.

Selain bisa digunakan untuk campuran teh, lemon juga merupakan sumber vitamin C. Jika teh dan lemon digabungkan dapat menjadikan minuman tersebut penguat kekebalan tubuh Anda. Selain itu, juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan juga meningkatkan mood.

4. Teh jahe

Jenis teh selanjutnya yang bermanfaat untuk tubuh adalah teh jahe. Tentu jahe adalah bahan utamanya. Manfaat kesehatan yang ditawarkan dari teh ini bersumber dari jahe tersebut.

Sifat anti-inflamasi jahe dapat membantu menenangkan tubuh dengan cara mengurangi peradangan. Selain bermanfaat seperti itu, teh jahe juga dapat membantu meredakan mual, gejala nyeri, dari berbagi jenis masalah pencernaan lain, seperti sembelit atau flu.

5. Teh pu-erh

Teh ini merupakan jenis teh yang difermentasi. Selain teh hijau yang dapat menurunkan berat badan, teh pu-erh juga dinilai mampu menurunkan berat badan.

Selain itu, sama seperti jenis teh yang lain, teh ini menawarkan manfaatnya untuk meningkatkan suasana hati, peningkatan fungsi kognitif yang sehat, dan sistem sirkulasi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.