Sukses

5 Hal yang Perlu Dilakukan Pasien Covid-19 untuk Jaga Paru-paru

Liputan6.com, Jakarta Polusi udara menjadi salah satu yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti jantung, stroke, gangguan pernapasan, dan lain-lain. Selain itu, di masa pandemi Covid-19 ini, menghirup udara yang tercemar itu dinilai dapat memberi efek buruk terhadap organ pernapasan.

Sebuah penelitian yang terbit dari jurnal Cardiovascular Research menunjukkan bahwa polusi udara dapat meningkatkan kematian hingga 15 persen di seluruh dunia akibat Covid-19.

Selain itu, polusi udara juga dapat meningkatkan risiko infeksi SARS-CoV-2. Hal itu dapat memperburuk keadaan bagi mereka yang sudah positif Covid-19.

Perlu diketahui, polusi udara dapat menyebabkan kerusakan sel dan peradangan dalam tubuh. Partikel beracun yang terdapat dalam udara yang kotor dapat memperparah orang yang sudah memiliki riwayat penyakit kronis.

Terlebih jika berlama-lama di dalam kondisi udara yang sudah tercemar, pasti akan sangat memperburuk kesehatan paru-paru, khususnya yang sudah positif Covid-19.

"Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda atau siapa pun yang memiliki riwayat penyakit pernapasan apalagi Covid-19, harus mengambil tindakan pencegahan," kata Arvind Kate, Dokter di Rumah Sakit Zen Multispeciality, Chembur, Mumbai.

Berikut ini beberapa tips yang boleh dicoba, terlebih untuk pasien Covid-19 guna menjaga kesehatan paru-paru di tengah meningkatnya polusi seperti saat ini, seperti mengutip laman Timenews.com, Sabtu (19/12/2020).

1. Jangan keluar rumah jika kualitas udara di daerah Anda buruk. Jika diharuskan untuk keluar, gunakanlah masker yang sesuai agar Anda bisa terhindar dari udara yang sudahtercemar.

 

2 dari 3 halaman

2. Mencegah debu dan jamur

Menjaga kebersihan rumah sangat penting. Bersihkan jendela dan tutup agar debu-debu tidak masuk ke dalam rumah.

3. Mengonsumsi wortel, jeruk, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang baik untuk paru-paru Anda. Tetaplah banyak minum air putih karena dapat membantu Anda mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

4. Pasien Covid-19 sangat dilarang untuk merokok karena akan semakin menyumbat saluran pernapasan.

5. Melakukan olahraga ringan, seperti berjalan atau jumping jack. Namun, jangan berlebihan melakukannya.

Selain itu, lakukan beberapa gerakan untuk melatih pernapasan yang dapat membuat Anda tidak kesulitan untuk bernapas. Anda juga bisa melakukan relaksasi, seperti yoga atau meditasi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini