Sukses

Tips Cegah Rambut Rusak Akibat Sering Pakai Hair Dryer

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu ingin menghindari rambut rusak akibat panas, namun Anda tidak bisa melewatkan hair dryer untuk mengeringkan rambut Anda lebih cepat sebelum berangkat kerja atau sekolah. Terutama bagi Anda yang rambut aslinya memang sudah tebal dan berisi.

Lation dan Jazzee Santiago, penata rambut dan pakar rambut alami mengatakan ada beberapa cara untuk melakukan hairdryer rambut alami, seperti yang ditunjukkan para YouTuber, tetapi tujuan utamanya di sini adalah untuk meregangkan rambut, tidak harus meluruskannya.

Menurutnya, Anda bisa menggunakan hairdryer  apapun untuk menghaluskan dan menata rambut. Blowout juga menjadi langkah penting jika And aberencana untuk menekan rambut tebal agar lurus berkilau, kata Santiago.

Adapun hal-hal yang harus Anda persiapkan sebelum memberi panas pada rambut Anda.

- Sikat pembersih atau sisir bergigi lebar

- Kondisioner tanpa bilas yang ringan

- Serum pelindung panas

- Jepit rambut

- Pengering rambut dengan sisir

Setelah semuanya siap, ikuti selangkah demi selangkah tutorial berikut ini, dilansir dari cosmopolitan.

1. Bersihkan dan gunakan kondisioner

"Jika Anda mengeringkan rambut Anda dengan penumpukan produk atau minyak, risikonya rambut Anda tidak akan bisa halus atau lembut," kata Lation.

Anda bisa memilih produk yang cocok untuk masing-masing, namun disarankan yang menghidrasi, karena Anda kehilangan kelembaban saat memberi panas. Saat mengaplikasikannya, gunakan sisir bergigi lebar atau sikat lembut untuk meratakannya.

2. Perlindungan panas

Setelah dibilas, ambil kondisioner tanpa bilas dan usapkan ke rambut Anda saat masih basah. Berikutnya adalah langkah terpenting: mengunci semua kelembapan itu dengan serum atau minyak pelindung panas.

Jumlahnya tergantung berapa banyak rambut yang Anda miliki, bisa satu atau seperempat sendok serum, gosokkan di antara telapak tangan. Kemudian oleskan ke rambut hingga merata, saran Lation. Kuncinya di sini adalah memastikan bahwa setiap untai dilapisi.

3. Pisahkan dan regangkan

Lation biasanya suka memisahkan rambut kliennya menjadi empat bagian menggunakan jepit rambut. Sebelum menerima panas, tarik perlahan setiap helai rambut dengan cukup kuat. Dengan meregangkan seperti ini maka Anda tidak perlu suhu paling panas untuk rambut Anda.

 

2 dari 4 halaman

4. Keringkan

Ada berbagai pilihan untuk mengeringkan rambut. Santiago dan Lation setuju bahwa mengeringkan dengan sisir pemanas adalah teknik termudah untuk pemula, tetapi jika Anda sudah lebih nyaman dengan blower panas, anda bisa menggunakannya bersamaan dengan sisir.

"Atur pengering Anda pada panas sedang di awalnya, jangan pernah langsung menaikkan hingga suhu tertinggi, terutama jika ini pertama kalinya bagi Anda," kata Lation.

Tentu itu karena paparan panas sudah cukup mampu merusak rambut indah alami Anda. "Pastikan Anda mengeringkan setiap bagian dengan lembut dan benar-benar meluangkan waktu untuk melakukannya. Jika Anda merasa frustrasi, berhentilah, ambil napas, dan mulai lagi," katanya.

Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih penuh dan lebih tebal, Lation mengatakan Anda dapat membalikkan kepala saat sudah hampir kering dan capai akar dengan pengering.

Setelah rambut benar-benar kering, matikan pemanas dan berikan pengaturan dingin pada pengering, terakhir untuk membantu mengatur penampilan Anda.

5. Gaya

Untuk soal gaya, itu adalah preferensi pribadi, kata Lation. Anda bisa bereksperimen hingga menemukan gaya yang membuat Anda percaya diri.

Berapa lama blowout bertahan pada rambut alami?

Itu tergantung kapan Anda keramas lagi, tetapi Lation mengatakan 1-2 minggu adalah standarnya. Lation menyarankan agar Anda tidak melakukannya setaip hari dalam seminggu, karena rambut Anda akan rusak.

Lation menyarankan bagi Anda yang ingin tampilan rambut lurus dan lebih ramping agar menggunakan sarung bantal sutra atau satin untuk mencegah kerutan atau gesekan saat Anda tidur.

Jika Anda suka memakai blowout apa adanya, dia menyarankan untuk membuat dua kepang besar sebelum Anda berbaring tidur, lalu menurunkannya dan menepuk rambut Anda di pagi hari untuk menambah volume.

Atau, jika Anda ingin mempertahankan penampilan paling ramping, cobalah membungkus rambut Anda dengan Doobie sebelum tidur.

Akhir kata, sebagaimana yang disarankan Lation, kunci utama blowout rambut alami yaitu tentang persiapan. Lakukan selembut mungkin untuk mencegah kerusakan.

Dan melakukannya sendiri di rumah tergantung pada keterampilang masing-masing, jadi jangan memaksakan diri jika Anda butuh uji coba beberapa kali hingga Anda menemukan yang dirasa tepat.

3 dari 4 halaman

[Infografis] 4 Jenis Potongan Rambut Buat Usia 20-an

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini