Sukses

Awas Salah Langkah, Begini 10 Ilmu Keuangan Dasar biar Tak Kere

Liputan6.com, Jakarta Ketika sudah memiliki atau mendapatkan penghasilan dari hasil kerja keras sendiri tidak sedikit orang yang ingin langsung menghabiskannya. Alhasil Anda tidak memiliki pegangan untuk membeli kebutuhan yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.

Alih-alih langsung menghabiskannya, lebih baik Anda memaksimalkan penghasilan yang didapatkan untuk memenuhi kehidupan hidup agar tetap bisa menjalani hidup dengan tenang dan menyenangkan.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Selasa (24/11/2020) berikut tips untuk memaksimalkan pengeluaran dan tetap menjalani hidup yang menyenangkan:

1. Catat semua penghasilan dan pengeluaran

Buatlah daftar setiap sumber pendapatan yang dimiliki. Setelah itu lakukan juga untuk pengeluaran namun pisahkan biaya tetap seperti rumah, pinjaman mobil, asuransi dan buaya variabel yang mencakup pakaian, hiburan dan makanan.

2. Anggarkan dan pantau semua pengeluaran

Mulailah untuk melacak pengeluaran Anda yang sebenarnya selama 1 bulan untuk mengetahui apakah pengeluaran tersebut melebihi pendapatan atau di bawahnya.

Jika berlebihan, maka identifikasilah pengeluaran mana yang dapat dikurangi atau dihilangkan. Tujuannya untuk memastikan Anda membelanjakan lebih sedikit dari yang diperoleh. 

Ingatlah bahwa anggaran hanyalah sebuah rencana. Pantau pengeluaran untuk memastikan biaya tetap sesuai rencana yang sudah dibuat.

 

 

2 dari 3 halaman

Tips keuangan

3. Bayar sendiri dulu (simpan/ investasikan)

Pada hari gajian tiba, jangan bayar tagihan Anda kecuali membayar diri sendiri terlebih dahulu. Transfer jumlah tetap setiap bulan ke akun lainnya.

Ingatlah bahwa Anda perlu untuk menabung dan berinvestasi agar dapat menumbuhkan kekayaan. Jika Anda memiliki utang kartu kredit, maka gunakan 10 persen untuk melunasinya.

4. Teliti semua biaya untuk kemungkinan pengurangan

Tentunya untuk menumbuhkan kekayaan Anda bisa meningkatkan pendapatan ataupun memotong pengeluaran yang tidak diperlukan.

5. Siapkan dana darurat

Harus mencakup biaya 3-6 bulan. Keadaan darurat sendiri seperti sakit, perbaikan mobil atau kehilangan pekerjaan tetap.

 

 

3 dari 3 halaman

6. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan

Sebelum membeli sesuatu ada baiknya untuk menanyakan pada diri sendiri ‘apakah saya membutuhkannya?’ belilah hanya apa yang mampu Anda bayar tiap bulannya.

7. Jangan menyerah pada tekanan teman sebaya

Banyak orang yang gengsi sehingga membeli barang yang tidak mampu dibeli untuk dapat setara dengan orang lain.

Perlu diketahui mereka yang menggunakan barang mewah juga menggunakan kartu kredit untuk membayarnya. Sehingga jika Anda mengikutinya maka akan mengeluarkan uang yang lebih untuk membayar hutang kartu kredit yang dimiliki.

8. Bayar tunai

Dengan membayar secara tunai maka akan menghentikan Anda untuk berutang. Gunakanlah kartu kredit jika diperlukan dan lunasi tagihannya segera mungkin.

Bawalah uang tunai secukupnya. Jika ingin berbelanja ke supermarket, sebelumnya buatlah daftarnya terlebih dahulu dan beli hanya yang ada di dalamnya.

9. Temukan berbagai sumber pendapatan

Jika dengan cara mengurangi pendapatan tidak berhasil, maka tingkatkanlah penghasilan. Ada banyak cara untuk melakukannya seperti menjual barang yang tidak diinginkan, freelancer dan memulai bisnis kecil-kecilan.

10.  Anda masih bisa memiliki hidup yang bermakna

Anda masih bisa bahagia dan memiliki kehidupan yang memuaskan dengan uang yang lebih sedikit. Jadilah kreatif dan gunakan imajinasi. Temukan cara untuk mendapatkan nilai yang baik dari semua keputusan keuangan Anda.

 

Reporter: Tasya Stevany