Sukses

Konsumsilah Daun Kelor dan Dapatkan Manfaat Bagi Kesehatan

Moringa oleifera atau yang dikenal sebagai daun kelor salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tanaman daun kelor (moringa oleifera) bagi kesehatan tidak diragukan lagi. Tanaman ini berasal dari sub-benua India dan sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang paling ampuh.

Daun kelor sendiri sering disebut sebagai miracle tree atau ben oil tree karena banyak yang melihatnya sebagai makanan super alami dengan nilai gizi yang sangat tinggi. Selain itu juga mengandung asam amino tinggi sehingga dapat membantu memperbaiki sel dan jaringan.

Biasanya daun kelor dapat dikonumsi dalam berbagai situasi seperti dikeringkan dan digiling menjadi bubuk halus sehingga dapat ditambahkan ke smoothies, dapat dibuat menjadi jus buah, bahkan dapat dilarutkan dalam air panas sebagai teh.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Jumat (30/10/2020) berikut manfaat lain dari daun kelor bagi kesehatan: 

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Daun kelor sarat dengan vitamin A dan E yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan sel, menenangkan jerawat yang menganggu dan mengurangi kerusakan kolagen.

Vitamin E dalam daun kelor sendiri dapat membantu mencegah kulit kering dan bersisik. Asam oleatnya memiliki sifat anti-penuaan yang membantu melembabkan kembali kulit yang rusak sekaligus mengurangi hiperpigmentasi.

  

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat lain dari daun kelor

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun kelor kaya akan zat besi, vitamin A dan beta-karoten yang dianggap sebagai nutri penambah kekebalan yang membantu tubuh untuk menangkal penyakit dan infeksi. Selain itu juga memiliki sifat adaptogenik yang dapat membantu mengurangi stres.

3. Membantu melawan kelelahan

Daun kelor mengandung lebih banyak zat besi daripada bayam sehingga memasukkannya ke dalam makanna dapat membantu mengurangi lelah. Daun kelor juga bisa menjadi tambahan yang sangat baik untuk pola makan vegan.

4. Menurunkan gula darah

Protein seperti insulin dalam daun kelor dapat membantu menurunkangula darah dan bahan kimia. Daun kelor menjadi tambahan hijau yang baik untuk makanan jika digunakan dengan benar dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.