Sukses

Kegunaan Saus Tomat yang Mengejutkan, Perbaiki Rambut Rusak hingga Bersihkan Perhiasan

Liputan6.com, Jakarta Rasa saus tomat dapat menambah jiwa pada suatu makanan membosankan yang hambar. Tetapi, tahukah Anda bahwa bumbu serbaguna ini dapat membuat hidup Anda menjadi lebih mudah?

Dari menambah rasa pada makanan berkuah dan kering, mengilaukan kembali kilau peralatan yang hilang, hingga memperbaiki rambut kusam yang rusak. Life hacks dengan saus tomat akan membuat Anda semakin mencintainya, dilansir dari TimesofIndia.

1. Membersihkan noda hingga karat

Saus tomat mengandung campuran cuka dan asam sitrat yang ada dalam tomat. Kehadiran asam asetat dalam cuka dan asam sitrat dalam tomat dapat bertindak sebagai pembersih ringan dan bekerja sangat baik untuk peralatan, perhiasan yang ternoda, dan membersihkan noda karat.

2. Memperbaiki rasa makanan

Ada hari-hari saat Anda mengacaukan bumbu masak dan merusak makanan. Nah, saus tomat bisa menyesuaikan tingkat bumbu masakan Anda hanya dalam hitungan menit dengan rasa manis dan asamnya.

3. Menambah tekstur masakan

Ada kalanya, kari, sup, dan semur Anda menjadi terlalu kental atau encer. Untuk mengatsinya, cara termudah untuk mendapatkan kekentalan yang tepat adalah dengan menambahkan sedikit saus tomat dan mengaduknya hingga merata. Anda juga bisa menggunakan saus tomat sebagai bahan dasar untuk menambah tekstur lembut pada hidangan Anda.

 

2 dari 3 halaman

4. Menghidupkan kembali klauan perhiasan yang ternodai

Benar, saus tomat dapat mengembalikan kilau perhiasan kusam dan ternoda yang hilang. Ambil saja mangkuk dan tuangkan saus tomat, celupkan perhiasan perak dan logam Anda ke dalamnya selama 10 menit, lalu bilas dengan air. Lihat dan saksikan keajaibannya.

Namun, pastikan Anda tidak meninggalkan perhiasan terendam terlalu lama, karena dapat merusak atau mengikis lapisan atas.

5. Menyembuhkan dari gigitan serangga

Mungkin ini terdengar sulit dipercaya, tetapi lain kali saat Anda tergigit serangga, cobalah dan pastikan sendiri manfaat saus tomat. Caranya dengan mengoleskan saus tomat pada area yang kemerahan dan ruam dengan mudah. Kemungkinan alasannya karena pada saus tomat mengandung garam.

6. Memperbaiki rambut yang rusak

Adanya kaporit dalam air dapat merusak kondisi rambut, Anda bisa memperbaiki kerusakan ini dengan mengoleskan sedikit saus tomat pada helai rambut Anda dan diamkan selama 15 menit. lalu bilas dengan sampo. Kemungkinan kandungan cuka pada saus tomat yang membantu memperbaiki kerusakan rambut akibat unsur-unsur keras dalam air.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini: