Sukses

Sulit Berkomunikasi dengan Orang Lain? Simak 4 Tipsnya

Bagi Anda yang sulit dan takut untuk berbicara di depan umum atau banyak orang, simak 4 tips ini

Liputan6.com, Jakarta Salah satu yang terpenting dalam hidup yang harus dikuasai adalah berkomunikasi dengan orang lain dan bukan sesuatu yang diajarkan dalam kurikulum sekolah.

Setiap hari semua orang membutuhkan komunikasi sehingga menjadi bagian besar dari kehidupan, baik itu berkomunikasi dengan keluarga, tema, rekan kerja atau siapapun itu.

Semua orang tentunya dapat berkomunikasi, namun yang menjadi pembeda adalah apakah orang tersebut tidak malu dan percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang baru ataupun banyak orang.

Mengutip dari CNBC, Senin (17/5/2021) Charreah K. Jackson, konsultan komunikasi dan pelatih eksekutif, memberikan 4 tips komunikasi efektif yang tidak hanya akan membantu Anda berhubungan dengan orang lain tetapi juga dapat mengubah hidup, apa saja?

1.  Katakan “tidak” jika perlu

Mungkin sulit untuk mengatakan tidak, terutama jika Anda tidak ingin mengecewakan orang lain di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi.

Namun ketidakmampuan untuk mengatakan tidak menyebabkan banyak penyesalan karena waktu Anda akan terbuang percuma. Ingatlah bawah waktu adalah asset berharga.

Jujurlah pada diri sendiri tentang apakah bisa melakukan sesuatu dan jika tidak bisa penting untuk mengomunikasikan batasan dan mengtakan tidak jika perlu.

  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips selanjutnya

2.  Belajar mendelegasikan

Banyak orang yang berpikir bahwa melakukan semua pekerjaan sendiri akan membuat Anda terlihat lebih produktif dan baik dalam pekerjaan. Faktanya, cara terbesar untuk meningkatkan output adalah dengan meningkatkan sistem delegasi.

Pertama, ingatlah bahwa mendelegasikan tidak hanya memberikan daftar tugas kepada orang lain. Namun pastikan untuk menyediakan waktu untuk menjawab pertanyaan untuk memastikan anggota tim yang menangani tugas dapat jelas dan yakin untuk apa yang mereka lakukan.

Selain itu Anda juga haris mengomunikasikan hasil, sumber daya dan harapan yang diinginkan untuk melaksanakan tugas.

3. Arahkan ketidaksepakatan

Setiap orang tentunya memiliki pendapat yang berbeda-beda, dalam konteks ketidaksetujuan dengan orang lain. Sehingga pertama-tama penting untuk menilai kembali apa, siapa dan di mana Anda memberikan energi.

Mengidentifikasi tujuan bersama akan memberi Anda dasar untuk membangun percakapan apapun, terutama ketika tidak setuju. Pastikan Anda mendengarkan orang lain dan mengakui apa yang didengar.

4. Mintalah apa yang Anda inginkan dan butuhkan

Mungkin banyak orang yang segan untuk meminta tolong apa yang diinginkan dan dibutuhkan. Namun penting juga untuk mengubah pola pikir bahwa semua orang ada di tim Anda. Sehingga saat Anda tidak meminta dan tidak menerima dukungan, maka akan menjadi tidak seimbang.

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini