Sukses

7 Tips Atasi Rambut Rontok Saat Pancaroba

Liputan6.com, Jakarta Bagi pemilik rambut rentan berminyak dan lengket, rambut rontok menjadi masalah rutin. Dengan perawatan yang tepat dan diet seimbang, penipisan rambut dapat dikendalikan.

Berikut beebrapa tips yang bisa Anda terapkan, dilansir dari TimesofIndia.

1. Lindungi rambut Anda

Paparan sinar matahari yang berlebihan, polusi, air hujan, dan debu tanpa perlindungan yang memadai membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan lepek.

Sebisa mungkin usahakan agar Anda melindungi rambut dari terkena hujan atau debu. Disarankan jika terpapar, keramaslah di hari yang sama.

2. Jangan lewatkan kondisioner

Pilihlah kondisioner yang menutrisi dan melembabkan rambut. Selain itu, coba gunakan air dingin untuk membilasnya. Dengan begitu dapat membantu menutup pori-pori dan menjaga kulit kepala lebih bersih untuk waktu yang lebih lama.

3. Trimming rutin

Trimming dan memangkas rambut secara teratur tidak hanya memberi bentuk dan gaya yang baik, tetapi juga membantu menghilangkan ujung bercabang dan kering yang mengganggu. Tindakan ini juga membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

4. Kontrol rambut kusut

Tingkat kelembapan yang tinggi bisa membuat rambut kusut dan juga menyebabkan rambut rontok. Cara mudah untuk menjinakkan surai yang sulit diatur adalah dengan mengoleskan serum pada rambut yang dikeringkan dengan handuk.

 

2 dari 3 halaman

5. Ubah gaya rambut

Usakan model rambut Anda yang tidak merepotkan Anda sendiri, yang tentunya membantu mencegah rambut kusut. Saat cuaca buruk, tutupilah rambut dengan topi atau selendang.

6. Lepaskan ikatan untuk menghindari kerusakan

Gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurai rambut saat basah. Untuk menghindari kerusakan, sisir rambut Anda di bagian bawah terlebih dahulu, baru kemudian menyisir dari kepala.

7. Makan dengan benar

Seseorang harus mengikuti diet yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kualitas rambut. Asupan nutrisi yang tepat, termasuk protein, lemak, vitamin, dan mineral sangat penting untuk rambut yang kuat & sehat dan dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Pilihan yang terbaik yaitu jika makanan yang Anda konsumsi mengandung Vitamin A, B, C, magnesium, zat besi, seng, dan kalsium.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini: