Sukses

Pakai BBM Oktan Tinggi, Komunitas Otomotif Dukung Program Langit Biru Pertamina

Dengan kadar oktan tinggi, gas buang atau emisi lebih ramah lingkungan, juga sejalan dengan motto IBCC Go Green.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina terus menggaungkan program langit biru demi menjaga lingkungan. Program ini pun mendapat dukungan dari banyak kalangan, terutama dari komunitas otomotif. Salah satunya Indonesian Black Car Community (IBCC).

Para anggota komunitas ini memastikan selalu menggunakan bahan bakar minyak dengan oktan tinggi, seperti Pertamax maupun Pertamax Turbo. Komitmen itu diterapkan karena para anggota IBCC menjunjung tinggi motto “Go Green”.

“Kami menggunakan BBM dengan kadar oktan yang tinggi seperti Pertamax dan Pertamax Turbo, sesuai kebutuhan kendaraan masing-masing,” ujar Ketua Umum IBCC Agustinus Supratikno, dalam acara “Ngobrol Virtual Bareng Komunitas” yang digelar PT Pertamina.

Dikatakan, dengan kadar oktan tinggi, gas buang atau emisi lebih ramah lingkungan, juga sejalan dengan motto IBCC Go Green.

Para anggotanya selalu menggunakan BBM dengan oktan tinggi karena sudah paham bahwa dengan menggunakan BBM dengan oktan tinggi dapat mengurangi emisi gas buang kendaraan. Jadi wajar bila mereka tak pernah menggunakan BBM jenis Premium.

Sebelum ada pandemi covid-19, anggota komunitas Indonesian Black Car Community (IBCC) ini kerap menggelar kegiatan touring ke bebagai daerah.

Uniknya, selama touring, mereka meninggalkan jejak hijau dengan menanam bibit pohon. Kegiatan itu dilakukan, untuk menambah keasrian lokasi tersebut, sekaligus mengukir sejarah bagi generasi mendatang, agar lebih peduli lingkugan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Edukasi

Ketua Umum Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) Febi Rosseva juga menilai program Langit Biru Pertamina sangat positif untuk mengedukasi dan menyadarkan masyarakat pentingnya memilih BBM yang berkualitas.

Menurut Febi, masyarakat sudah memahami pentingnya BBM berkualitas, namun masih perlu ditingkatkan lagi. Untuk itu perlunya dilakukan edukasi, salah satunya melalui diskusi bersama komunitas otomotif yang memiliki anggota di seluruh Indonesia. TYCI memiliki 3.239 anggota aktif di seluruh Indonesia.

“TYCI siap membantu untuk mengampanyekan program ini. Karena sebagai komunitas, bagian kecil dari masyarakat, diharapkan bisa membantu mengedukasi pentingnya efek bahan bakar berkualitas terhadap lingkungan,” ujarnya.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan mengatakan Pertamina terus mendorong penggunaan BBM berkualitas, terutama Pertalite dengan Research Octane Number (RON) 90, serta Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98. Diharapkan dengan menggalakkan pemakaian BBM berkualitas ini, program Langit Biru ini bisa mewujudkan kualitas udara yang lebih baik, sehingga lingkungan lebih sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.