Sukses

Ingin Terhindar dari Rambut Rontok? Ikuti 5 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok menjadi permasalahan umum bagi setiap orang. Penyebab dari rambut rontok adalah stres, kekurangan nutrisi, ketombe, kulit kepala berminyak, ketidakseimbangan hormon dan masih banyak lagi.

Rambut yang rontok membuat banyak orang menjadi stres dan bingung apa yang harus dilakukan. Terutama bagi Anda yang memiliki jenis rambut yang lama tumbuhnya.

Walapun hanya terlihat sedikit rambut yang rontok tiap harinya, tetapi jika digabungkan rambut yang rontok akan menjadi banyak.

Jika Anda memiliki masalah dengan rambut rontok, jangan lama-lama untuk mencegahnya agar rambut Anda tidak menipis.

Lantas bagaimana cara perawatan rambut yang benar agar terhindar dari kerontokan? Mengutip dari timesofindia, Selasa (1/9/2020) berikut 5 cara melawan rambut rontok yang bisa Anda ikuti

1. Cuci rambut sesuai dengan tipe rambut Anda

Dalam cuaca panas dan lembab, rambut harus lebih sering dicuci untuk menghilangkan keringat, kotoran dan endapan minyak.

Untuk rambut berminyak bisa dicuci tiga atau empat kali seminggu, sedangkan rambut kering dicuci dua kali seminggu.

2 dari 2 halaman

Cara berikutnya

2.  Penting untuk memilih produk yang tepat

Produk rambut yang keras dapat mengganggu keseimbangan kulit kepala, karena dapat merangsang kulit kepala dan mengarah ke penumpukan sel-sel mati di kulit kepala.

3.  Jika memiliki tipe rambut berminyak gunakan serum dan hindari kondisioner yang creamy

Tonik rambut herbal yang tidak berminyak yang mengandung trifala dan brahmi dapat membantu mengontrol rambut yang rontok.

4. Pola makan sehat dan bergizi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat

Ambillah semangkuk kecil kecambah karena mengandung asam amino yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Jika kulit kepala berminyak atau jika ada ketombe minumlah banyak air.

5. Perawatan klinis

Dapat membantu merangsang folikel rambut. Sirkulasi darah ke kulit kepala juga meningkat. Diet bergizi juga bisa membantu pertumbuhan rambut yang sehat karena rambut diberi makan oleh nutrisi dalam aliran darah.

 

 Reporter: Tasya Stevany