Sukses

Punya Masalah Rambut yang Membandel? Manfaatkan Jus Lemon buat Mengatasi

Liputan6.com, Jakarta Lemon mengandung vitamin B dan C yang bekerja dengan baik untuk sebagian besar masalah rambut sacara umum. Mulai dari ketombe, rambut rontok, kulit kepala berminyak dan banyak lagi. 

Buah jeruk yang satu ini memang selalu menjadi favorit sebagai pengobatan alami. Lemon memiliki kemampuan untuk memperkuat folikel rambut dan  juga memiliki sifat anti jamur, lemon dapat melawan infeksi jamur.

Mengutip dari timesofindia.com, Rabu(26/8/2020) berikut beberapa cara menggunakan lemon untuk rambut Anda :

1. Pertumbuhan rambut

Cara lain untuk membuat masker rambut dari buah ini adalah dengan menambahkan lidah buaya ke dalamnya. 

Campuran jus lemon dan gel lidah buaya lalu oleskan ke rambut Anda yang akan memberikan kesehatan pada rambut.

 Biarkan masker rambut ini selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air biasa, sampo, dan kondisioner. Anda bisa mengikuti ini seminggu sekali untuk menumbuhkan rambut Anda lebih cepat.

2. Ketombe

Untuk yang satu ini, Anda perlu mengoleskan jus lemon ke kulit kepala dan ujung rambut. Biarkan selama sekitar 10 menit sebelum mencuci rambut. Ini akan menghilangkan masalah ketombe.

 

2 dari 2 halaman

3. Memperkuat rambut

 

Anda perlu menggunakan masker rambut yang terbuat dari lidah buaya, madu, dan sedikit jus lemon. Oleskan ke rambut dan kulit kepala Anda dan biarkan selama 20 menit sebelum mencucinya. Rambut Anda membutuhkan vitamin dan mineral agar tetap kuat dan masker ini akan bekerja dengan sangat baik.

4. Kulit kepala yang gatal

Jika berurusan dengan kulit kepala yang gatal, Anda bisa menambahkan jus lemon ke sampo. Setiap kali keramas, Anda dapat memijatnya dengan baik di kulit kepala dan membilasnya dengan air dingin. Ini akan memastikan kulit kepala bersih dan sehat.

5.  Ujung bercabang

Yang ini juga merupakan masalah rambut umum yang dihadapi banyak wanita. Rambut bercabang dapat menghentikan pertumbuhan rambut. Untuk memperbaikinya, Anda dapat menambahkan jus lemon ke minyak zaitun dan memijatnya di kepala dan rambut. Ini akan memperkuat ujung rambut Anda dan akan berhenti sering bercabang.

6. Masalah rambut umum

Anda dapat memanfaatkan lemon untuk mengatasi berbagai masalah rambut dengan mencampurkan satu sendok teh jus lemon dengan minyak jarak. Anda bisa mengoleskan campuran ini ke rambut Anda dan membiarkan semalaman. Keesokan paginya, bersihkan dengan sampo dan kondisioner.

 

Reporter: Erna Sulistyowati