Sukses

10 Cara Merawat Jam Tangan Kesayangan

Adapun tips yang diberikan oleh IWC, pembuat jam tangan yang telah ada sejak berabad-abad lalu.

Liputan6.com, Jakarta Masalah merawat jam tangan tak lepas dari kotoran, debu, lembab, guncangan, belum lagi suhu dan radiasi sinar UV.

Meskipun kini teknologi telah menghasilkan jam tangan yang lebih tertutup dan tahan guncangan daripada sebelumnya, tetap saja harus dipelihara dan dirawat agar arloji Anda dapat bertahan lama dan tetap dalam kondisi prima.

Adapun tips yang diberikan oleh IWC, pembuat jam tangan yang telah ada sejak berabad-abad lalu, dalam merawat jam tangan Anda harus memperhatikan langkah-langkah berikut ini, dilansir dari IWC.

1. Perhatikan pelumas jam tangan 

Meskipun pelumas modern tahan lama, pelumas ini kering atau tertutup seiring waktu. Arloji yang dilumasi dengan tepat akan bekerja lebih baik dan lebih lama.

Gerakan memutar jam akan menyebarkan pelumas dan membuatnya bekerja. Anda tidak harus melakukan ini setiap hari dan setiap jam. Misalnya, Anda bisa melakukannya sebulan sekali.

Tapi untuk arloji manual, akan lebih baik jika memutarnya secara konsisten di waktu yang sama setiap hari. Misalnya setiap pagi saat berpakaian.

2. Jangan memutar jam di pergelangan tangan

Saat memutar jam di pergelangan tangan, sebagian besar orang akan memiringkan sisinya. Perlakuan ini menciptakan tekanan pada batang jam dan membuatnya mudah bengkok atau patah.

3. Berhati-hati memutar jam

Kini setelah arloji dilepaskan dari pergelangan tangan Anda untuk memutarnya, jangan membukanya di jalan atau dimanapun di permukaan yang keras.

Karena terkadang lokasi tersebut dapat melukai Regulateur Tourbillon atau terjatuh ke lantai atau jalanan. Meskipun masih bisa bekerja dengan baik, namun Anda mungkin tidak ingin ada goresan pada jam tangan mewah tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Selalu dibersihkan, tetapi jangan pakai sabun

Arloji yang benar-benar kotor tidak terlihat bagus, dan kadang-kadang partikel kecil debu atau pasir dapat masuk ke dalamnya. Gunakan kain lap microfiber untuk membersihkan jam kesayangan Anda.

Sedikit basah mungkin memang tidak akan merusak jam tangan Anda dan Anda bahkan menghindari mengenai tali kulitnya.

Tetapi sebaiknya jangan pernah menggunakan sabun dan air. Molekul-molekul dalam sabun dapat menembus ruang yang sangat kecil dan dapat mempercepat merusak arloji Anda.

5. Periksa gasket dan segelnya secara teratur

Arloji Anda mungkin memiliki tingkat ketahanan air yang tinggi, tetapi bahan yang digunakan dalam gasket dan segel dapat mengering, sehingga merusak ketahanan arloji Anda jika terkena air.

Jika Anda berenang atau mandi dengan arloji Anda maka sebaiknya Anda memeriksa ketahanan air nya setiap tahun. Banyak pembuat jam memiliki mesin untuk memeriksa ketahanan air melalui pengaturan tekanan, dan ini bukan tes yang mahal dan tidak memakan waktu.

Jika Anda tidak berenang pun, tetap lakukanlah. Karena Anda tidak tahu jika sewaktu-waktu Anda terjebak di tengah-tengah hujan deras. Dan jika itu terjadi, lepaskan arloji Anda dan masukkan ke dalam saku Anda.

6. Gunakan garansi secara efektif

Jika Anda memiliki masalah kecil dengan arloji dan bisa menunggu, silahkan lakukan perbaikan pada arloji dan gunakan garansi perbaikan sebelum akhir masa garansi. Karena beberapa toko memberi perpanjangan garansi Anda setahun lagi. Dengan ini juga memungkinkan Anda menyelesaikan masalah pada jam tangan Anda sekaligus.

7. Jangan menguji keberuntungan dan menguji ambang batas arloji 

Anda mungkin penasaran apakah arloji anti-peluru dan tahan jika diletakkan di lemari es. Namun walaupun Anda memakai jam tangan otomatis dengan tingkat kelangsungan hidup yang tinggi, perlakuan tersebut tidak bisa dibilang masuk akal.

Ingatlah bahwa arloji otomatis berputar dengan bobot yang berosilasi. Semua arloji mekanis berfungsi karena ayunan dalam pelepasan tuas.

Dan mekanisme perlindungan guncangan yang digunakan dalam jam tangan modern, KIF atau Incabloc, sangat bagus tetapi tidak memberikan perlindungan sempurna dari semua pukulan di semua sudut.

Mungkin Anda menjadi terlalu protektif terhadap arloji kesayangan Anda, tetapi tidak masuk akal jika seseorang ingin menguji tahan banting arlojinya atau mengambil risiko yang akan menggores jam tangan mahalnya.

 

3 dari 3 halaman

Cara Lain

8. Mengganti strap/tali harus dilakukan dengan sangat hati-hati

Guncangan ekstrem dapat merusak mekanisme arloji, sebaliknya goresan pada casing kemungkinan kecil. Tapi kebanyakan kolektor jam tidak suka goresan dan mencoba menghindarinya.

Seorang ahli yang merancang khusus pembuatan jam, melakukan langkah-langkah sulit untuk mengganti strap jam.

Untuk menggantinya sendiri, pelajari dengan baik dari ahlinya atau setidaknya mencerna video tutorial online. Gunakan alat yang tepat, misalnya springbar. Jangan gunakan pisau.

Perbedaan biaya adalah nominal, dan alat kualitas yang lebih rendah biasanya memiliki garpu lebih tebal di ujungnya yang juga mungkin harus bergerak seminim mungkin.

Jika Anda tetap ingin melakukannya sendiri, pertimbangkan untuk berlatih dengan arloji berkualitas lebih rendah terlebih dahulu. Jika Anda tidak yakin apakah akan menggores permukaannya, pertimbangkan untuk memasang selotip terlebih dahulu.

9. Perawatan benar-benar penting

Pelumas mengering atau membeku dari waktu ke waktu. Hanya dalam satu hari, kebanyakan jam tangan modern menghasilkan 691.200 ketukan. Jam tangan mekanik yang bagus perlu diservis secara teratur.

Kebutuhan pelayanan berkala bukanlah upaya mencari untung oleh industri arloji. Walaupun servis setelah garansi bisa mahal, biasanya beban biaya pada perusahaan lebih mahal.

Ada banyak alasan untuk ini, termasuk kebutuhan untuk mempertahankan inventaris ratusan ribu komponen dan juga fakta bahwa melayani arloji melibatkan dua kali pekerjaan pembuatan arloji.

Untuk layanan yang lengkap, arloji harus dibongkar sepenuhnya dan kemudian dipasang kembali. Merakit ulang sering kali lebih sulit daripada menggunakan arloji baru, karena komponen telah aus dan tidak lagi pas dengan sempurna.

Pertanyaan yang ditanyakan semua orang adalah berapa lama interval harus ada secara optimal antara layanan penuh. Tidak ada jawaban sederhana di sini, terutama untuk kolektor yang memiliki banyak jam tangan.

IWC merekomendasikan layanan penuh setiap lima tahun. Atau jika memang perlu diservis maka lakukanlah walaupun belum waktunya.

Jam tangan memberi tahu Anda ketika mereka membutuhkan servis atau gejala muncul dengan sendirinya.

Arloji berjalan terlalu lambat atau terlalu cepat, atau yang terburuk berhenti memutar. Atau arloji tidak terluka lagi, tapi tanggalnya tidak berubah, dan sebagainya.

Kadang-kadang, masalah yang dirasakan kecil dan arloji tidak perlu perombakan penuh. Memiliki hubungan yang baik dengan dealer resmi dapat membantu, karena mereka dapat memberi Anda pendapat kedua tentang kebutuhan layanan Anda.

10. Nikmati jam kesayangan Anda

Hanya sedikit orang yang mau menikmati dalam merawat arloji. Faktanya, masalah dengan jam tangan mekanik sangat sedikit dan jarang, terutama mengingat kompleksitas bahkan model "waktu saja" yang sederhana. Sebagian besar masalah mudah dan cepat diperbaiki.

Jika Anda mematuhi aturan dasarnya, yaitu memperlakukannya dengan baik atau jangan memaksakan batas jam tangan Anda maka jam tangan Anda akan bertahan lama.

Silakan pakai arloji Anda. Ini dimaksudkan untuk dinikmati. Jam tangan yang bagus tidak boleh disimpan di dalam brankas yang terkunci, tetapi dimaksudkan untuk dipakai.

Bahkan mungkin dengan memakainya akan membantunya tetap bekerja agar pelumas bekerja dengan baik. Dengan memakainya juga merupakan penghargaan atas usaha Anda dalam merawatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.