Sukses

Kacang Bisa Jadi Pilihan Camilan Sehat saat Diet

Jika Anda berpikir kalau diet soal makanan yang hambar atau direbus, Anda keliru. Ada cara untuk menurunkan berat badan dengan enak dan sehat yaitu makan kacang.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda berpikir kalau diet soal makanan yang hambar atau direbus, Anda keliru. Ada cara untuk menurunkan berat badan dengan enak dan sehat yaitu makan kacang.

Seperti dikutip Times of India, Senin (22/6/2020) menurunkan berat badan bukan hanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang hambar dan direbus.

Anda hanya perlu menambahkan jenis makanan yang tepat dalam diet Anda. Ada begitu banyak pilihan makanan yang tersedia yang bergizi dan dapat membantu menjaga jumlah kalori Anda sepanjang hari.

Jika Anda ingin menambahkan beberapa pilihan makanan ringan dalam diet Anda maka kacang harus menjadi pilihan Anda. 

Kacang kaya akan protein, lemak, serat dan nutrisi sehat lainnya. Ini adalah pilihan makanan yang sangat serbaguna yang dapat Anda tambahkan di makanan penutup, kue, permen dan makanan ringan.

Kacang mengandung kadar serat tinggi, yang bisa membuat Anda merasa lebih kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Anda dapat memakannya di antara waktu makan untuk menghindari makan berlebihan atau saat ingin mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Kacang juga membantu pergerakan usus sehingga mencegah sembelit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memiliki kacang tanah dalam jumlah yang terkontrol baik untuk menurunkan berat badan.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil studi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, mengonsumsi makanan yang kaya protein juga dapat membantu Anda membakar kalori.

Memang benar kacang mengandung kalori dalam jumlah tinggi, tetapi Anda mungkin tidak bisa menyerap semuanya. Gigi kita tidak dapat memecah kacang menjadi potongan-potongan kecil, yang diperlukan untuk pencernaan. Karena ini, tubuh kita menyerap lebih sedikit kalori dan sisanya diekskresikan melalui limbah.

Selain itu, kacang juga mengandung beberapa lemak sehat, yang baik untuk kesehatan jantung kita. Mereka dapat mengurangi risiko obesitas, peradangan dan komplikasi terkait jantung.

Kendati demikian, saat Anda mencoba menurunkan berat badan, berhati-hatilah dengan jumlah kacang yang Anda konsumsi dalam sehari. Jangan makan kacang terlalu banyak karena memiliki konsekuensi sendiri.

Hindari mengonsumsi kacang yang mengandung garam atau bahan lain dapat meningkatkan jumlah kalori harian Anda.

Untuk hasil terbaik, konsumsilah dalam bentuk mentah. Anda juga bisa merendamnya dalam air semalaman dan bisa memakannya di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.