Sukses

Trik Menolak Makanan yang Tidak Disukai

Liputan6.com, Jakarta Menjadi tamu makan malam berarti harus siap beramah tamah. Termasuk soal makanan yang tersaji. Namun bagaimana bila kebetulan makanan yang disajikan tidak sesuai selera atau Anda memang dilarang untuk mengkonsumsinya.

Bila kondisi ini terjadi, maka persiapan straetgi tentang bagaimana cara menolak makanan yang tidak ingin dimakan dengan sopan. 

Beberapa hal berikut ini mungkin terlihat berlebihan bagi sebagian orang, mengapa tidak hanya mengatakan tidak dan meneruskannya?

Ya, Anda beruntung tidak pernah ada orang yang mencoba mendorong hidangan favorit Anda atau mencoba membuat Anda bersalah karena mencoba "hanya satu gigitan".

Agar adil bagi tuan rumah, mereka sering berusaha keras untuk memasak dan ingin semua orang mendapat cukup makan, tetapi itu tidak berarti  harus menumpuk piring  dengan makanan yang tidak diinginkan.

Begini strateginya, seperti melansir laman lifehacker:

1. Mengalihkan Tawaran Hidangan  

Situasi kasus terbaik adalah tidak perlu makan hidangan yang tidak disukai. Coba gunakan frasa ini untuk memindahkan piringan ke orang berikutnya sambil menjaga diri di sisi baik tuan rumah.

"Tidak, terima kasih, aku ingin menghemat ruang di perutku ntuk hidangan lain."

"Aku tidak sabar untuk mencoba hidangan lain!," katakan ini sambil menyampaikan kepada orang berikutnya.

"Bahan ini mengganggu perutku, jadi aku akan mencoba yang ini."

"Ini terlihat enak, tapi aku benar-benar ingin menikmati apa yang ada di piringku sekarang."

"Oof, aku sangat kenyang sehingga aku tidak bisa makan lagi! Terima kasih untuk makanan yang luar biasa!"

"Aku akan menyimpan ini untuk ronde kedua!" Kemudian selanjutnya ternyata lupa untuk mendapatkan beberapa ketika mengisi ulang piring  atau mengklaim Anda terlalu penuh untuk putaran kedua.

Kunci untuk berhasil menggunakan frasa ini atau versi Anda sendiri ada dalam penyampaian, jaga nada suara Anda tetap ringan dan ceria, serta tersenyum saat menolak hidangan.

2 dari 2 halaman

2. Cicipi Makanan

 

Jika Anda merasakan tekanan dan perlu mengambil beberapa hidangan, coba apa yang dihidangkan, daripada mengucapkan “tidak, terima kasih”.

Dengan mencicipi makanan yang disajikan walaupun Anda tidak pernah memakan sebelumnya atau tidak suka dapat menunjukkan rasa hormat kepada tuan rumah yang sudah menyiapkan makanan.

Jika Anda akhirnya tidak menyukai porsi kecil Anda, tetapi merasa perlu menyelesaikannya, cobalah memakannya dengan sesuatu yang disukai atau yang memiliki rasa kuat. Saus adalah pilihan yang baik.

3. Bersikaplah ramah

Tidak peduli seberapa besar Anda suka atau tidak suka makan, menjadi tamu yang ramah penting untuk diundang kembali.

Jika tuan rumah Anda bertanya apakah suka dengan hidangan yang menyinggung, fokuslah pada hal-hal positif dan hal-hal yang disukai dengan sedikit pengalihan. Beberapa frasa untuk membantu memulai:

"Kau tahu, makanan ini luar biasa! Terima kasih banyak untuk hostingnya."

"Oh! Bagian favorit saya dari makanan adalah [hidangan favorit Anda]. Saya sangat terkesan Anda membuatnya! Saya tidak pernah bisa melakukannya dengan benar."

"Aku benar-benar menghargai betapa kerasnya usaha untuk makan malam. Terima kasih!"

Pada dasarnya, bergeraklah melewati atau bahkan tidak membahas hidangan yang tidak disukai dan bagikan apa yang hebat, sambil mengakui kerja keras tuan rumah.

Reporter : Tiara Sekarini