Sukses

Usir Serangga Hanya dengan Mentimun

Mentimun dapat digunakan untuk mengusir semut selain menggunakan bahan kimia

Liputan6.com, Jakarta Mentimun adalah salah satu makanan atau lalapan sebagai pelenngkap makanan. Selain itu, ternyata mentimun mempunyai kegunaan lain, yaitu untuk mengusir semut.

Daripada menggunakan bahan kimia yang keras untuk mengusir serangga, cobalah beberapa solusi bahan alami.

Melansir laman lifehack, Minggu (5/4/2020), Blog tentang rumah Apartment Therapy menyajikan beberapa tips untuk mengusir semut dengan mentimun.

Saat musim panas mendekat, semut berkumpul di dapur untuk mencari remah-remah makanan. Semut akan takut oleh mentimun.

Irisan mentimun bekerja paling baik ketika ditempatkan di dekat celah atau daerah lain di mana semut dapat memasuki rumah.

Anda tentu saja perlu mengganti mentimun sesering mungkin saat rusak, dan mungkin ingin meletakkannya di atas kertas lilin atau sesuatu yang lain agar tidak menempel pada permukaan.

Reporter : Tiara Sekarini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih pada Tangan

Memasak adalah sesuatu yang menyenangkan dan bawang putih adalah salah satu bumbu yang sangat dibutuhkan.

Bawang putih membuat cita rasa makanan semakin enak, tetapi juga dapat meninggalkana bau yang mengganggu setelah Anda mengolah bawang putih menjadi masakan, terutama baunya akan tertinggal di tangan.

Untungnya, ada cara untuk menghilangkan bau yang tertinggal di tangan  dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah, berikut caranya.

Garam dan lemon

Campurkan beberapa jus lemon dengan sedikit garam dan gosokkan ke tangan yang basah. Asam sitrat dalam lemon dan pengelupasan dari garam dapat  menghilangkan bau. Jangan mencoba ini jika Anda memiliki kulit yang luka atau sangat sensitif.

Stainless steel

Kedengarannya aneh, tetapi benar-benar berhasil. Bawang putih mengandung molekul belerang, dari mana bau itu berasal. Tetapi, ketika Anda menyentuh baja tahan karat, molekul-molekul ini malah memindahkannya. Dengan menggunakan  batang 'sabun' stainless steel, seperti penggosok wol stainless steel hingga panci bersih. Cukup sentuh dan selesai.

Baking Soda

Baking soda adalah penyerap super, jadi jika baru saja menyentuh bawang putih, baking soda  adalah pilihan yang baik.

Campurkan satu sendok makan soda kue dengan sedikit air sampai terbentuk pasta. Kemudian, gosokkan ke seluruh tangan  dan bilas.

Pasta gigi atau obat kumur Aroma mint

Dalam pasta gigi atau obat kumur keduanya sempurna untuk menutupi aroma bawang putih yang kuat di tangan.

Alkohol dalam obat kumur adalah zat sehingga akan menutup pori-pori di tangan dan mudah-mudahan menghentikan baunya.

Dengan pasta gigi, karena sedikit abrasif itu akan terkelupas mempengaruhi sel-sel kulit, dan sifat basa akan bereaksi dengan allicin dalam bawang putih dan memecah senyawanya.

Gosokkan pasta gigi dan bilas, atau masukkan sedikit obat kumur di telapak tangan a dan gosokkan tangan Anda.

Pastikan juga selalu menggunakan air dingin saat mencuci tangan setelah memasak dengan bawang putih. Air hangat akan membuka pori-pori, yang hanya akan mendorong bau lebih dalam. Jelas bukan yang Anda inginkan setelah makan romantis.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.