Sukses

5 Makanan Pencegah Rambut Rontok

Liputan6.com, Jakarta Tingkat pertumbuhan rambut relatif terhadap genetika dan usia seseorang. Namun, satu hal yang dapat diikendalikan adalah pola makan. Mengonsumsi makanan yang kekurangan nutrisi dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Berikut adalah lima makanan untuk membantu mencegah rambut rontok, melansir laman evewoman, Minggu (22/3/2020).

Ubi jalar

Ubi kaya akan vitamin A yang berkontribusi pada pertumbuhan jaringan meningkatkan kesehatan rambut. Cara kerjanya adalah vitamin A meningkatkan produksi sebum yang merupakan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh yang membantu menjaga kesehatan rambut.

Kacang 

Kacang adalah sumber protein nabati yang sehat yang membantu mendorong pertumbuhan rambut karen  mengandung seng, biotin, zat besi dan folat.

Seng membantu dengan siklus perbaikan alami rambut serta pertumbuhan. Biotin adalah sumber vitamin B yang bagus yang juga membantu memperkuat kuku.

Alih-alih menghabiskan uang berharga Anda untuk tablet vitamin B dan suplemen rambut biotin, pilih kacang yang merupakan alternatif yang lebih terjangkau dan mudah didapat.

 

Udang

Udang adalah makanan laut yang diperkaya dengan vitamin D, vitamin B, protein, zat besi, seng dan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3, yang dimiliki udang, telah dikaitkan dengan peningkatan pertumbuhan rambut.

 

Bayam

Bayam adalah kondisioner rambut alami. Ketika dikonsumsi dan tidak diterapkan langsung ke rambut. Zat besi adalah unsur yang sangat lazim dalam bayam yang membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hasilnya adalah peningkatan metabolisme serta pertumbuhan dan perbaikan rambut.

 

Buah bit

Sayuran merah ini benar-benar mencegah kerontokan rambut dengan mengencangkan pori-pori di kulit kepala  berkat potasium yang terkandung di dalamnya dan  juga membantu meningkatkan pertumbuhan rambut karena dikemas dengan protein, vitamin B, vitamin C dan kalsium.

Selain itu, ada banyak zat besi, mineral, antioksidan, dan kalium dalam bit sehingga banyak mengandung ruby, sayuran merah untuk rambut sehat dan berkilau.

Reporter : Tiara Sekarini

 

  • Rambut rontok dalam dunia medis disebut sebagai alopesia. Kerontokan merupakan kondisi umum yang memang terjadi pada semua orang.
    Rambut Rontok
Loading
Artikel Selanjutnya
Kurangi Interaksi, Saatnya Manfaatkan Kemudahan Belanja dari Rumah
Artikel Selanjutnya
Ingin Bersenang-senang Menonton Konser, Simak Dulu Tipsnya