Sukses

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Gangguan Kecemasan

Liputan6.com, Jakarta Apakah kecemasan menyebabkan Anda merasa sakit fisik atau kerap mengalami gangguan-ganggua lain. Tentu keadaan itu bisa sangat tidak nyaman-dan efeknya dapat lebih jauh dari itu. Hal ini dapat berdampak di hampir setiap bidang kehidupan Anda.

Mengembangkan pemahaman tentang apa itu anxiety  atau kecemasan- dan bagaimana mengelolanya - dapat menjadi kunci untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Tapi kecemasan adalah salah satu emosi yang paling sering disalahpahami.

Berikut adalah tujuh hal Menurut ahli kesehatan mental yang semua orang perlu tahu tentang anxiety melansir dari Business Insider. 

2 dari 2 halaman

7 Fakta tentang Kecemasan

1. Anxiety bertujuan membuat Anda aman, tapi alarm kecemasan terganggu

Kecemasan adalah normal, emosi yang sehat dimaksudkan untuk memperingatkan Anda tentang bahaya.

Jika Anda tidak mengalami kecemasan apapun, tentu tidak akan memiliki alarm segera pergi saat tahu ada bangunan terbakar. Contoh lain, Anda tidak akan menengok kanan kiri saat akan menyeberang jalan.

Akan ada saat-saat ketika pikiran dan tubuh merespon seolah-olah berada dalam kehidupan atau kematian situasi-meskipun tidak dalam bahaya yang benar-benar nyata. Itulah tandanya alarm kecemasan Anda tidak berfungsi semestinya.

2. Anxiety mempengaruhi secara emosional, kognitif, dan fisik

Kebanyakan orang berbicara tentang kecemasan sebagai emosi. Tapi kecemasan juga mempengaruhi otak dan tubuh Anda.

Ketika Anda merasa cemas, akan lebih cenderung untuk berpikir tentang hal yang memantik kecemasan. Anda mungkin merenungkan hal buruk yang terjadi di masa lalu, atau dapat memikirkan prediksi bencana tentang masa depan.

Tubuh Anda akan merespon sesuai. Denyut jantung dan tekanan darah mungkin meningkat. Anda mungkin mulai bernapas lebih cepat, dan kecemasan dapat pecah menjadi keringat. Reaksi ini dimaksudkan untuk mempersiapkan Anda untuk bertindak.

Mengetahui bagaimana untuk menenangkan kedua pikiran dan tubuh Anda ketika merasa cemas membuat lebih mudah untuk menghadapi situasi kecemasan yang merangsang.

3. Anxiety tidak selalu rasional

Sangat mudah untuk percaya bahwa kecemasan menjadi tanda Anda berada dalam bahaya. Tapi kecemasan tidak selalu rasional.

Anda mungkin merasa cemas ketika sedang dalam kondisi aman dan baik-baik saja saat berada di rumah. Bagaimana Anda menanggapi peningkatan kecemasan akan membuat perbedaan besar.

Tetapi jika Anda merangkul itu - daripada melawannya -mungkin merasa lebih baik. Menerima bahwa kecemasan terasa tidak nyaman, Ingatkan diri sendiri bahwa Anda dapat mentolerir kekhawatiran itu.

4. Kurangi kecemasan dengan mengubah lingkungan

Salah satu cara untuk mengatasi kecemasan adalah untuk bersahabat dengan lingkungan. Mengatasi situasi dapat mempengaruhi mood.

Tapi itu penting untuk mempertimbangkan bagaimana Anda mengatasi situasi, karena itu bisa sehat atau tidak sehat.

Menghindari seseorang yang terus-menerus mengkritik, atau memberi diri izin untuk melewatkan acara Networking yang menegangkan, mungkin cara yang sehat untuk mengatasi kecemasan.

Buatlah perubahan untuk lingkungan yang mungkin akan mengurangi stres Anda - Beradaptasilah dengan hal itu, dan buat lingkungan lebih sehat dengan pengaruh Anda. Anda bisa tularkan kebiasaan-kebiasaan positif kepada sekeliling.

5. Anda dapat mengurangi kecemasan dengan mengatasi keadaan emosional 

Daripada mengubah lingkungan, Anda dapat mengelola kecemasan dengan mengubah bagaimana  beradaptasi dengan lingkungan.

Keterampilan mengatasi dengan cara yang sehat termasuk hal seperti pergi berjalan-jalan, berlatih meditasi, atau terlibat dalam latihan pernapasan yang mendalam yang menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

Anda dapat memilih dalam mengatasinya (Beralih ke hal positif atau memperburuk yang sudah ada) - seperti beralih ke makanan atau alkohol atau pesta untuk menenangkan diri - menonton acara, sementara mengabaikan tanggung jawab Anda.

Penting untuk menilai kemampuan mengatasi situasi. Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki ruang untuk merenungkan dan evaluasi diri ketika datang situasi yang menimbulkan kecemasan.

6. Anxiety dapat mengakibatkan gangguan fungsi lain

Gangguan kecemasan termasuk kondisi seperti gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, gangguan kecemasan umum, dan beberapa gangguan lain.

Kecemasan menjadi kondisi kesehatan mental yang didiagnosis ketika memiliki dampak negatif pada fungsi sosial, pekerjaan, atau pendidikan Anda.

Menghindari keterlibatan sosial, berdebat dengan seseorang karena kecemasan Anda, hari yang hilang di tempat kerja, atau tidak dapat tidur hanya beberapa tanda bahwa Anda mungkin memiliki gangguan kecemasan atau anxiety.

7. Anxiety dapat diobati

Anxiety adalah hal yang lumrah – namun banyak yang belum mendapat pengobatan. Asosiasi di Amerika memperkirakan 18 persen dari populasi memiliki gangguan kecemasan. Namun hanya 36 persen individu dengan gangguan kecemasan menerima pengobatan untuk kecemasan mereka.

Sebuah studi Australia menemukan bahwa orang dengan gangguan kecemasan menunggu * tahun untuk mendapatkan pengobatan.

Sangat disayangkan bahwa orang pengidap Anxiety menunggu untuk mendapatkan bantuan. Pengobatan dapat terdiri dari pengobatan, terapi, atau kombinasi dari keduanya.

 

Reporter : Danar Jatikusumo