Sukses

Bumil, Perhatikan Cara Sehat saat Hamil hingga Melahirkan

Liputan6.com, Jakarta Menanti kehadiran sang buah hati memang membuat para orangtua begitu bersemangat sekaligus menjadi harap-harap cemas. Proses kehamilan menjadi momen penting bagi para ibu, karena pada masa ini bayi akan berkembang di dalam rahim.

Sangat penting untuk selalu menjaga kondisi kesehatan sang ibu dan juga janinnya. Sehingga masa kehamilan bisa berjalan dengan baik. Bukan hanya itu saja, hal ini juga kelak akan memengaruhi proses persalinan, bahkan meski persalinan dilakukan secara normal.

Jika kondisi ibu selama masa hamil tetap sehat dan prima, maka proses kelahiran bayi tentu bisa dijalani dengan lebih mudah dan lancar.

Apapun rutinitas yang dijalankan ibu hamil sepanjang hari, sangat penting untuk selalu memprioritaskan kesehatan dan juga kebugaran tubuhnya. Sehingga janin bisa berkembang dengan sempurna hingga waktu lahir tiba.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi ibu hamil tetap sehat dan bugar, beberapa di antaranya bahkan terbilang simpel dan mudah dilakukan.

Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips sehat saat hamil hingga melahirkan yang wajib diketahui oleh para wanita hamil, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jalankan Rutinitas seperti Biasanya

Ibu hamil memang akan lebih rentan dan mudah lelah, terutama pada kehamilan pertama. Namun meski begitu, sangat penting untuk selalu melakukan aktivitas sebagaimana biasanya, sehingga tubuh tetap bergerak dan tidak hanya bermalas-malasan.

Tubuh yang aktif justru akan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat dan bugar, dan ini bermanfaat saat menjalani proses persalinan. Melakukan rutinitas normal sangat dianjurkan bagi ibu hamil, terutama jika usia kandungan sudah 36 minggu dan mendekati masa persalinan.

2 dari 4 halaman

2. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi dengan Tepat

Pada saat hamil, calon ibu tidak hanya memberi makan dirinya saja, tapi sekaligus memberi makan janinnya juga.

Selama proses kehamilan ini, janin akan menerima nutrisi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembangnya melalui berbagai makanan yang dikonsumsi ibunya.

Artinya, sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga asupan makanan sehat dan bergizi selama masa kehamilan, agar nutrisi bagi janinnya bisa terpenuhi dengan baik.

Selain itu, makanan yang bergizi tepat seperti ini juga akan menjaga kesehatan dan bugar selama masa kehamilan hingga persalinan tiba. 

3. Konsumsi Air Putih dalam Jumlah Cukup

Dehidrasi menjadi salah satu masalah yang kerap diabaikan, meskipun kondisi yang satu ini sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan. Ibu hamil yang sudah memasuki masa kehamilan di trimester akhir, wajib mencermati hal ini.

Sebab adanya tekanan dari rahim ke area kandung kemih akan menimbulkan dorongan buang air kecil semakin sering. Hal ini bisa saja menimbulkan dehidrasi, jika ibu hamil tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik sepanjang hari.

Guna mengatasinya, setidaknya ibu hamil harus minum 2 liter air putih setiap harinya atau lebih sesuai kebutuhan. Sehingga badan tidak akan lemas dan janin juga sehat.

3 dari 4 halaman

4. Jangan Lupa Tetap Olahraga

Olahraga akan membantu tubuh tetap aktif dan bugar sepanjang hari. Dan ibu hamil juga membutuhkan aktivitas yang satu ini.

Hal ini bisa dikonsultasikan dengan dokter atau bidan terlebih dahulu, sehingga olahraga yang dilakukan tidak mengganggu kesehatan ibu hamil dan juga janinnya.

Ada banyak pilihan olahraga yang dapat dijadikan pertimbangan, seperti berenang, yoga prenatal, senam, jalan pagi, dan yang lainnya. Pilih olahraga yang sesuai dan menyenangkan.

5.  Penuhi Jam Tidur yang Cukup

Ibu hamil juga harus menjaga pola tidurnya. Sebab pada masa kehamilan, tubuh akan terasa lebih mudah lelah dari biasanya.

Hal ini bisa diimbangi dengan jam tidur yang cukup setiap malamnya, yakni sekitar 8 jam. Selain itu, tidur siang sekitar 1 hingga 2 jam juga sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi tubuh ibu hamil tetap prima. 

4 dari 4 halaman

6. Selalu Jaga Kebersihan Tubuh secara Menyeluruh

Menjaga kebersihan tubuh selama masa kehamilan menjadi hal yang sangat penting bagi ibu hamil, agar kondisi tubuhnya tetap sehat. Hindari sikap malas mandi, termasuk menyikat gigi dan juga mencuci tangan dengan teratur.

Selalu jaga kebersihan tubuh secara menyeluruh selama masa kehamilan hingga persalinan tiba. Sebab hal ini bisa membuat tubuh rentan terhadap kuman dan penyakit yang juga bisa memengaruhi janin.

7. Perbanyak Rileks dan Jangan Mudah Stres

Siapa saja bisa stres, bahkan ibu hamil sekalipun. Namun pada ibu hamil, kondisi ini akan memengaruhi perkembangan janin di dalam kandungannya, sehingga sangat penting untuk selalu dihindari.

Melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan membuat bahagia, akan menjadi langkah mudah untuk menghindari stres pada masa kehamilan. Selain itu, berpikir positif dan juga tenang serta perbanyak rileks akan sangat membantu.

Sehat Selama Hamil hingga Masa Bersalin

Menjaga kesehatan selama masa kehamilan menjadi hal penting bagi setiap calon ibu. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai langkah mudah seperti poin di atas, sehingga kondisi ibu hamil dan janinnya tetap sehat dan prima.

Selain itu, kesehatan yang tergaja seperti ini akan membuat proses melahirkan akan menjadi lebih mudah dan lancar.

Selamat menantikan kelahiran sang buah hati!

Loading
Artikel Selanjutnya
Suka Rumah Banyak Pohon? Cari Tahu Dulu Untung-ruginya
Artikel Selanjutnya
Jangan Asal Menabung, Ini Cara yang Benar Biar Lebih Untung