Sukses

7 Kombinasi Makanan yang Berbahaya untuk Kesehatan

Sejumlah kombinasi makanan yang berbahaya dan dapat memicu berbagai penyakit.

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengkonsumsi makanan, Anda biasanya mengkombinasikannya dengan makanan atau minuman lain. Tapi, Anda harus berhati-hati, beberapa kombinasi makanan tertentu ternyata tak baik dikonsumsi tubuh.

Bahkan terdapat sejumlah kombinasi makanan yang berbahaya dan dapat memicu berbagai penyakit. Pada kondisi terparah, saat tubuh tidak siap mengolah kombinasi makanan tertentu, hal tersebut dapat memicu kematian.

Agar terhindar dari bahaya tersebut, berikut tujuh kombinasi makanan dan minuman paling berbahaya yang mungkin sering Anda konsumsi seperti dilansir dari Times of India, Rabu (20/11/2019):

1. Susu dan antibiotik

Beberapa jenis obat mencegah tubuh untuk menyerap nutrisi seperti zat besi dan kalsium, diantaranya kandungan yang terdapat pada antibiotik. Itulah mengapa ada pantangan antara makanan dan obat seperti halnya susu dan antibiotik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Susu dan pisang

Jika dikonsumsi bersama, susu dan pisang dapat menjadi sangat berat untuk diolah saluran pencernaan. Anda sebaiknya menghindari konsumsi susu dan pisang bersamaan demi meringankan fungsi pencernaan.

 

3 dari 7 halaman

3. Semangka dan air

Banyak pakar menyarankan agar semangka sebaiknya dikonsumsi tanpa minum air. Hal itu mengingat 90-95 persen kandungan semangka adalah air. Maka minum air setelah mengkonsumsi semangka dapat mengencerkan sari buah dalam tubuh.

 

4 dari 7 halaman

4. Burger dan kentang goreng

Makanan yang terlalu matang dengan tingkat lemak yang tinggi, dan mengandung berbagai zat kimia dapat membentuk zat jenis karbon. Ini lalu dikombinasikan dengan kadar gula pada kentang goreng yang dapat memicu sitokin. Sitokin dapat menyebabkan inflamasi dan mempercepat proses penuaan.

 

5 dari 7 halaman

5. Lemon dan susu

Terjadi pengentalan pada susu saat ditambahkan perasan lemon. Hal tersebut dapat terjadi pula di dalam perut jika susu dan lemon dikonsumsi bersamaan. Kondisi ini dianggap dapat berbahaya bagi metabolisme tubuh.

 

6 dari 7 halaman

6. Teh dan yoghurt

Teh dan yoghurt dianggap sama-sama mengandung asam. Diyakini, jika dikonsumsi bersama, keduanya dapat mengganggu keseimbangan tubuh dan berpengaruh negatif pada saluran pencernaan.

7 dari 7 halaman

7. Yoghurt dan buah

Saat makanan asam dikombinasikan dengan yoghurt, keduanya menghasilkan asam yang dapat memperlambat metabolisme tubuh. Produk susu seperti yoghurt dapat memicu terjadinya flu dan memperparah gejala alergi. Dikombinasikan dengan buah, kondisinya dapat lebih buruk lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.