Sukses

Siapkan 4 Langkah Ini untuk Masa Pensiun Lebih Tenang

Liputan6.com, Jakarta Tidak pernah terlalu dini untuk mulai merencanakan masa pensiun Anda. Meskipun hal ini tampak menakutkan, namun penting untuk memastikan kehidupan Anda tetap baik di masa depan.

Sebagai info, inilah langkah-langkah yang harus Anda ambil hari ini untuk mulai membangun tabungan pensiun buat masa depan, seperti mengutip laman CNBC, Minggu (17/11/2019).

1. Memprediksi Bentuk Pensiun Ideal

Cobalah untuk memiliki gambaran bentuk ideal masa pensiun Anda, dengan perhitungan biayanya. Mulai meneliti pendapatan saat ini dan pengeluaran di masa pensiun.

2. Kondisi Kesehatan

Periksakan kondisi kesehatan Anda mulai dari saat ini. Kemudian mulai merencakan perawatan kesehatan di masa pensiun Anda.

Apakah Anda masih bekerja? Jika itu masalahnya, pastikan memanfaatkan akun tabungan kesehatan jika Anda memiliki paket asuransi.

 

2 dari 2 halaman

3. Selalu perbaharui rencana warisan

Pastikan untuk memeriksa kembali semua dokumen warisan Anda - seperti surat wasiat dan wasiat terakhir, perwalian, arahan medis, dan surat kuasa dan lainnya.

Periksa ketentuan dokumen-dokumen itu untuk memastikannya masih relevan. Ambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul di kemudian hari, misalkan soal pajak.

Pastikan informasi penerima di semua akun sudah diperbaharui, tidak peduli apa yang Anda inginkan. Sekarang saat yang tepat untuk memikirkan warisan yang mungkin ingin Anda tinggalkan.

4. Sempurnakan portofolio investasi

Anda mungkin memiliki uang dalam bentuk berbagai investasi. Mulai dari reksadana campuran, saham, obligasi, uang tunai dan aset lainnya yang sesuai untuk horizon waktu pensiun Anda. Tetap saja, ide bagus untuk memastikan alokasi aset tersebut sesuai pada tempatnya.

Ingat, pertumbuhan portofolio dan perubahan pasar dapat mengubah alokasi investasi tersebut. Semakin dekat Anda dengan masa pensiun sebenarnya semakin konservatif alokasi yang diinginkan. Juga, perhatikan biaya yang Anda bayarkan dalam dana dan pertimbangkan alternatif investasi berbiaya lebih rendah.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Istilah Lovebombing, Apa Itu?
Artikel Selanjutnya
5 Gelaja Pada Bayi yang Harus Diwaspadai Orangtua