Sukses

Megawati Tak Pernah Mendukung Gus Dur

Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri ternyata tak pernah mendukung Presiden Abdurrahman Wahid. Mahasiswa menilai Gus Dur telah gagal mengemban amanat reformasi.

Liputan6.com, Jakarta: Suara Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri kali ini tampaknya bakal mengagetkan Presiden Abdurrahman Wahid. Sebab, di saat Gus Dur melawat ke luar negeri, Mega menyatakan dirinya tak pernah mendukung Abdurrahman Wahid sebagai Presiden. Pernyataan ini disampaikan Mega dalam pertemuan dengan sejumlah pimpinan pusat Muhammadiyah, di ruang kerja Wapres, Rabu kemarin.

Menurut Sekretaris Jenderal Muhammadiyah Dien Syamsudin, dalam pertemuan tersebut Mega jelas-jelas mengatakan bahwa dirinya memang tak pernah mendukung Gus Dur. Sebab, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan telah mengamanatkan dirinya sebagai calon Presiden. Namun, karena sekarang Mega menjadi Wapres maka dirinya harus tetap memberikan dukungan dalam pelaksanaan tugas kenegaraan.

Dalam pertemuan itu, lanjut Dien, Muhammadiyah menyampaikan pernyataan sikap mengenai Tragedi Sampit dan kondisi politik nasional saat ini. Di mata Muhammadiyah, kepemimpinan nasional di bawah pemerintahan Gus Dur sudah tak lagi memiliki legitimasi untuk melaksanakan pemerintahan yang efektif dan amanah. Karena itu diperlukan kearifan dan keikhlasan untuk secara legowo memungkinkan terjadinya upaya penyelamatan kepemimpinan nasional secara konstitusional.(ULF/Arry Trisna)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini