Sukses

Bandara Adi Soemarmo Solo Batal Dibuka Besok?

Menhub menyatakan bandara Adi Soemarno akan dibuka besok. Namun, kondisinya saat ini masih diselimurti abu vulkanik Kelud.

Meski Menteri Perhubungan telah menyatakan pembukaan Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, akan dilakukan pada Selasa 18 Februari 2014 pukul 10.00 WIB, namun kemungkinan pembukaan itu diundur pada Rabu 19 Februari 2014. Hal itu disebabkan abu vulkanik Gunung Kelud yang masih menutupi area landasan pacu di bandara.

Informasi mundurnya rencana pembukaan bandara itu diperoleh dari surat pemberitahuan dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang disampaikan kepada para pelanggannya. Dalam surat itu menyatakan bahwa semua jadwal penerbangan pada hari Selasa besok dibatalkan.

Marketing Sales Manager Garuda Indonesia Cabang Solo, Endy Latief menyatakan pihaknya mendapatkan pemberitahuan pembatalan dari otoritas bandara melalui Notice to Airman (NOTAM).  Dalam pemberitahuan itu disebutkan Bandara Adi Soemarmo Solo masih dinyatakan tertutup untuk kegiatan penerbangan sampai dengan Rabu 19 Februari 2014 pukul 07.00 WIB.

"Dengan surat pemberitahuan itu kami sampaikan informasi bahwa seluruh penerbangan Garuda Indonesia dari dan ke kota Solo pada hari Selasa 18 Februari 2014 dibatalkan hingga pemberitahuan selanjutnya," kata Endy di Solo, Senin (17/02/2014) malam.

Kendati pembatalan pembukaan bandara itu telah disampaikan ke pihak Garuda Indonesia, General Manager Bandara Adi Soemarmo, Abullah Usman menyatakan pihaknya masih berupaya agar pembukaan bandara tetap dilakukan sesuai rencana.

"Kita usahakan Selasa siang sudah dibuka," kata Usman saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Sebab itu, lanjut Usman, pihaknya memaksimalkan pembersihan abu vulkanik yang masih menutupi landasan pacu bandara. Pembersihan abu di landasan hari ini telah mencapai sepanjang 2.000 meter. Diharapkan pembersihan pada malam ini bisa mencapai sepanjang 2.200 meter.

"Malam ini para petugas bandara akan lembur untuk membersihkan sisa abu yang masih menutupi run way bandara," ucap Usman. (Ali)

Baca juga:

Tertutup Abu Kelud, Bandara Adisucipto DIY Rugi Rp 2 M

Menhub: Bandara Adi Sutjipto dan Adi Sumarmo Dibuka Besok

Abu Kelud Dibersihkan, Bandara Adi Soemarmo Beroperasi Selasa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini