Sukses

Meski Molor, Mendagri Resmi Lantik Soekarwo-Saifullah Yusuf

Soekarwo dan Saifullah Yusuf secara resmi akhirnya dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2014-2019, meskipun sempat molor selama 1 jam dari jadwal semula. Pelantikan tersebut, dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi yang berdasarkan pada Keputusan Presiden bernomor 135/P/2013 tertanggal 15 November 2013.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, pelantikan dimulai dengan pembacaan risalah rapat oleh Ketua DPRD Jawa Timur, Imam Sunardi. Pelantikan kemudian dilakukan oleh Mendagri dengan cara mengambil sumpah janji dan dilanjutkan dengan menyematkan lencana pada Soekarwo dan Saifullah Yusuf.

Dalam kesempatan itu, Mendagri Gamawan Fauzi berharap, kedua pemimpin tersebut dapat membawa Jawa Timur semakin maju. Ia juga menilai, Soekarwo merupakan pemimpin yang baik yang memiliki pengalaman yang panjang di dunia birokrasi. 

"Saya yakin, Pakde Karwo (Soekarwo) ini adalah pembimbing yang baik, beliau mengawali karir cukup panjang sebagai pamong dan kepemimpinan pamong inilah yang menjadikan Jatim akan semakin makmur dan maju," ujar Gamawan di Surabaya, Rabu (12/2/2014).

Gamawan juga meminta kepada Soekarwo dan Saifullah Yusuf, untuk bisa tetap menjaga harmonisasi di antara keduanya. Apalagi, kewenangan terbesar ada di kabupaten/kota. Gamawan juga berpesan, agar pengelolaan provinsi Jawa Timur bisa dilakukan lebih transparan,  khususnya mengenai pengelolaan keuangan. (Adm/Ein)

Baca Juga:
Mendagri: Putusan MK Final, Pelantikan Gubernur Jatim Jalan Terus
Kubu Khofifah Minta Mendagri Batalkan Pelantikan Gubernur Jatim
Mendagri Telat, Pelantikan Gubernur Jatim Molor 1 Jam

Loading