Sukses

Achsanul Demokrat: SBY Tak Pernah Minta Amankan Kasus Century

Anggota Timwas Century (dulu bernama Pansus Century) dari Partai Demokrat Achsanul Qosasih membantah, adanya perintah pengamanan kasus dana talangan Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun. Menurutnya, SBY tak pernah berpesan apapun soal kasus tersebut.

"Saya itu anggota Pansus yang setiap saat pertemuan dengan SBY. Tidak pernah SBY minta untuk amankan secara personal apalagi secara presiden," ujar Achsanul Qosasih saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Ketua DPP Partai Demokrat itu menyatakan SBY justru kerap memberi pesan agar kasus Century diluruskan dan dikawal sesuai dengan hukum yang berlaku. "Tidak ada pengamanan itu. Hal-hal begini jangan dikaitkan dengan Pansus atau kasus Century," imbuhnya.

Kuasa hukum Anas Urbaningrum, Handika Honggowongso sebelum mengungkapkan kliennya pernah mendapat arahan langsung dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengamankan kasus skandal dana talangan Bank Century yang sedang ramai di DPR.

Menanggapi hal itu, Achsanul meminta Anas untuk fokus pada masalah hukum dan tidak menyeret hal-hal yang tak berkaitan dengan kasus yang menimpanya.

"Sebaiknya Anas fokus urusan hukumnya sendiri tidak bawa Pansus. Saya tidak pernah absen ketika pertemuan dengan SBY saat Pansus. Tidak ada arahan seperti itu atau pengamanan," tandas Achsanul.

Handika menyatakan Anas yang pada saat itu masih menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat diminta agar skandal Rp 6,7 triliun yang sedang ditangani Panitia Khusus hak angket Bank Century (Pansus Century) tidak sampai menyeret SBY yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina partainya.

"Anas dipanggil oleh SBY di Cikeas. Dalam pertemuan itu SBY memberikan pengarahan kepada Anas untuk mencegah supaya Pansus Century DPR tidak mengarah baik secara hukum dan politik ke SBY," ujar Handika Honggowongso, Rabu 5 Februari. (Riz/Mut)

Baca juga:

SBY Minta Century Diamankan? Ruhut: Anas Pembohong Besar!
Pengacara: Anas Diminta Amankan SBY dalam Kasus Century
Anas Diperiksa Penyidik Terkait Perintah Amankan Century

Loading