Sukses

Remaja Pembuang Bayi di Tambora Diringkus

El yang berusia 16 tahun membuang bayi yang ia lahirkan sendiri.

EL, gadis berusia 16 tahun harus berurusan dengan polisi setelah ditangkap Anggota Buser Polsek Tambora, Jakarta Barat karena diduga membuang bayi yang dilahirkannya di sebuah tempat sampah di Jalan Angke Barat RT 03, RW 01, Angke, Tambora, Jakarta Barat, pada hari Minggu 2 Februari 2014 kemarin.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Tambora, AKP Widharma Jaya mengatakan, pihaknya menangkap EL setelah mendapat laporan dari orangtua EL bahwa anaknya itu mengaku membuang bayi yang baru dilahirkannya.

"EL ini mengaku kepada ibunya bahwa telah membuang bayi yang dilahirkannya karena dia takut," kata Jaya di Jakarta, Rabu (5/2/2014).

Jaya menambahkan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pihaknya terhadap pelaku, EL melahirkan bayi yang dikandungnya pada Minggu pagi.

"Pada saat itu EL merasa mulas di bagian perutnya dan ingin buang air besar. Kemudian EL pun pergi ke WC umum yang letaknya tak jauh rumahnya dan kaget yang keluar malah bayi berjenis kelamin perempaun dalam keadaan sudah meninggal," jelas Jaya.

Kemudian, dalam keadaan panik, siswi lulusan SMP itu pun langsung membungkus bayi tersebut dan membuangnya ke tempat sampah. "Setelah membuang bayinya itu, EL menghubungi kekasihnya yaitu DD (17), dan mereka melarikan diri ke daerah Rangkas Bitung, Banten," papar Jaya.

Berdasarkan keterangan EL, bayi tersebut merupakan hasil hubungan gelap dengan pacarnya yaitu DD. "DD ini lelaki yang baru 4 bulan dipacari pelaku," kata Jaya.

Saat ini, pihak Polsek Tambora masih menunggu hasil keterangan visum dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, untuk mengetahui apakah terdapat luka kekerasan atau tidak pada mayat bayi itu.

"Kami masih menunggu pihak RSCM untuk mengetahui apakah mayat bayi itu ada bekas aniaya atau memang waktu lahir sudah meninggal," ungkapnya.

Sesosok mayat bayi ditemukan di tempat sampah oleh seorang warga bernama Mulyanah di tumpukan sampah di Jalan Angke Barat RT 03 RW 01, Tambora, Jakarta Barat pada Minggu 2 Februari sekitar pukul 07.00 WIB.

Mulyanah menemukan bayi itu lantaran bau busuk yang menyengat dan tak kunjung hilang. Oleh kepolisian, mayat bayi perempuan itu dibawa ke RSCM. (Riz/Yus)

Baca juga:

Mayat Bayi dalam Plastik Hitam Gegerkan Warga Tambora
[VIDEO] Bayi Kembar Siam Asal Banyuwangi Segera Dioperasi
Mas Kawin `Tak Cukup`, Perempuan dan Bayinya Dibakar di India

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini